pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Soal Dana Desa, Napisman: Filosofinya Adalah Pemberdayaan Masyarakat!
Rabu, 29 November 2017 - 12:58:18 WIB

Soal Dana Desa, Napisman: Filosofinya Adalah Pemberdayaan Masyarakat!

KUANSING-Sejak Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa atau yang kerap disebut UU Desa dikeluarkan, Pemerintah Desa sebagai wilayah otonomi dalam menjalankan dan mengelola dana desa yang bersumber dari APBN dan APBD dengan nilai cukup fantastis. 

"Program Indonesia Membangun dari Desa dengan capaian menjadi Indonesia sejahtera merupakan bagian dari tujuan pengelolaan dana desa tersebut," Kabid Pemdes Kuansing Napisman kepada fokusriau.com, Rabu (29/11/2017) siang.
 
 
Kabid Pemdes Pemkab Kuansing Napisman. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Dalam mengelola dana Desa harus mengedepankan filosopi pembangunan desa adalah bagian dari program pemberdayaan masyarakat desa. Demi tercapainya tujuan UU Desa, maka kepala desa secara administrasi dalam menggunakan dana tersebut dibantu Satker yang disebut P3MD, antara lain Tim Koordinasi Pusat, Tim Ahli, Pendamping Desa (PD) Kecamatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Tim Pendamping Program Inovasi Desa (TP-PID).

Keberadaan P3MD bertujuan untuk membantu kerja kepala desa dalam proses perencanaan pembangunan, dimulai dari musyawarah bersama masyarakat dengan agenda perencanaan pembangunan, pembuatan RAB, pelaksanaan dan pelaporan pertanggun jawaban.

Sebenarnya sepanjang kepala desa bisa memanfaatkan PD secara maksimal. "Saya rasa akan sangat terbantu dari kesalahan, karena dana desa sangat rentan, Napisman mengingatkan," tuturnya.
 
 
Workshop implementasi percepatan pembangunan desa. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Keberadaan pendamping desa harus melalui seleksi. Sebelum turun ke lapangan mereka sudah dibekali pelatihan. "Tentu sangat disayangkan kalau tidak dimanfaatkan keberadaan mereka," tuturnya.

Kemudian, Pemdes harus bisa memberdayakan masyarakat desanya dalam memaksimalkan pembangunan untuk merealisasikan dana desa yang sudah disalurkan. Sehingga masyarakat bisa terbantu dan akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (jhon hendri)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017