pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Gubri dan Bupati Puji Pesatnya Perkembangan BUMDes Kuansing
Kamis, 25 Januari 2018 - 17:06:31 WIB

Gubri dan Bupati Puji Pesatnya Perkembangan BUMDes Kuansing

KUANTANSINGINGI-Gubernur Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Mursini memuji perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kuantan Singingi. Kendati jumlahnya belum signifikan, namun 18 Bumdes di Kuansing dinilai sudah maju pesat.

Demikian disampaikan gubernur dan Bupati Mursini kala menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdes Amanah Sejahtera Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hilir, Rabu semalam.

Seperti Bumdes Amanah Sejahtera, baru dua tahun beroperasi, dari modal awal hanya Rp500 juta sekarang BUMDes sudah menyalurkan pinjaman kepada masyarakat sebesar Rp31.620.243.000. "Ini sungguh luar biasa perkembangan usahanya," ujar gubri.

Bupati Mursini juga menyampaikan hal sama. Melihat banyaknya hadiah doorprize yang tersaji, mulai sepeda motor hingga ke peralatan elektronik dan berbagai hadiah lainnya yang disediakan Bumdes Amanah Sejahtera, menunjukkan begitu pesatnya perkembangan unit usaha yang dimiliki Bumdes. 

"Saya mengharapkan desa lainnya yang belum memiliki Bumdes agar segera membentuknya. Karena Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan kesempatan yang seluasnya bagi desa untuk memajukan perekonomian desa," katanya.

Sementara itu, Direktur Bumdes Amanah Sejahtera, Junaedi memaparkan, kegiatan usaha yang dimiliki BUMDes mereka ada 6 kegiatan usaha. Yaitu kegiatan reguler perencanaan pembangunan desa melalui sektoral, kegiatan ekonomi mikro melalui dana usaha desa oleh BUMDes. 

"Selain itu juga kegiatan usaha unit perkreditan barang, kegiatan usaha penjualan TBS, kegiatan usaha online/BRI link dan kegiatan usaha jual beli pupuk," tukasnya. (jhon hendri)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017