pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Bupati Mursini Ajak Masyarakat Kuansing Dukung Program Pamsimas 2018
Selasa, 03 Juli 2018 - 12:54:28 WIB

Bupati Mursini Ajak Masyarakat Kuansing Dukung Program Pamsimas 2018

KUANSING-Bupati Mursini mengajak masyarakat untuk mensukseskan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III, Tingkat Kabupaten Kuansing. Sosialisasi berlangsung di Balai Adat Kecamatan Kuantan Tengah, Selasa (3/7/2018).

Bupati Mursini mengatakan, Program Pamsimas III bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di pedesaan. Karena itu, program nasional tersebit harus didukung. "Sebab program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tidak dapat dipisahkan sebagai sumber kehidupan,” ulasnya.

Bupati berharap, sosialiasi diikuti dengan sebaik-baiknya oleh peserta dan segera menindaklanjuti dengan menyediakan kelengkapan berkas sesuai permintaan. Diharapkan, Kepala OPD dan Kades di Kuansing bersama-sama mendukung program pemerintah tersebut.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kuansing Ir. Maisir mengatakan, untuk memperoleh kegiatan tersebut, semua persyaratan harus disiapkan, seperti formulir, pernyataan minat dan lain-lainnya. 

"Untuk itu, dalam hal ini semua kepala desa harus mengajukan surat minat, proposal desa dan administrasi lainnya yang ditujukan  langsung ke Kementerian Pekerjaan  Umum Dan Perumahan Rakyat," ujar Maisir.

Tahun ini, sistem penyediaan air minum yang layak di Kabupaten Kuantan Singingi mempunyai target 84,15 persen dan cakupan akses sanitasi yang layak mempunyai target 90 persen. Program Pamsimas yang dilaksanakan di Kuansing telah dimulai tahun 2008 dan sudah 165 desa menikmati program tersebut.

"Sekarang masih ada 53 desa yang belum mendapatkan program Pamsimas tersebut. Tahun 2019 kita akan coba mengusulkan desa yang belum mendapatkan program pamsimas melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)," tukasnya. (*)



Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Humas






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017