pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Terjerat Kasus Korupsi, 13 ASN Pemkab Kuansing Segera Diberhentikan
Kamis, 20 September 2018 - 15:50:59 WIB

Terjerat Kasus Korupsi, 13 ASN Pemkab Kuansing Segera Diberhentikan

KUANSING-Sebanyak 13 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Kuansing, Riau segera diberhentikan, karena terjerat kasus korupsi. Pemberhentian sesuai dengan Surat Edaran Menpan-RB Nomor 180/6867/SJ yang menyebut, ASN yang terbukti korupsi dan telah memiliki kekuatan hukum tetap harus diberhentikan.

"Bupati akan mengambil langkah tersebut sebagai bentuk taat aturan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing Dianto Mampanini, Kamis siang di Teluk Kuantan.

Mereka yang telah divonis Pengadilan Negeri harus menerima sanksi pemecatan dan tidak lagi menerima hak sebagai ASN. Namun proses menuju pemberhentian tersebut masih berjalan, perlu dikoordinasikan dengan instansi Kementrian lebih lanjut agar jelas dan tidak menyalahi administrasi dan aturan. "Kami harus mematuhi SE Menpan-RB tersebut, saat ini sudah mulai ada proses itu," tuturnya.

Menurutnya, sejauh ini pemerintah daerah belum melaksanakan pemberhentian atau pemecatan karena masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) agar lebih tepat.

Saat ini, 13 orang ASN yang bertugas di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kuansing, mereka terjerat kasus korupsi, dari total jumlah tersebut ada yang sudah menjalani hukuman, sedang menjalani hukuman, maupun yang sedang diproses.

Pengamat Hukum Justin Panjaitan mengatakan, apa yang menjadi kesepakatan antara Kementrian dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah langkah maju dalam membersihkan aparat atau ASN dari tindakan korupsi. "Ke depan, semua ASN bebas dari KKN, sehingga dalam pengabdiannya sebagai abdi negara, pelayan masyarakat lebih baik," ujarnya.

Selain itu, menurut Justin, pemberhentian harus jelas serta transparan, sehingga publik mengetahui kesalahan yang telah diperbuat ASN tersebut, sekaligus sebagai efek jera bagi pegawai lainnya. (*)







Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017