pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Masyarakat Miskin di Kuansing Meningkat, Ternyata Inilah Penyebabnya
Jumat, 21 September 2018 - 13:37:58 WIB

Masyarakat Miskin di Kuansing Meningkat, Ternyata Inilah Penyebabnya

KUANSING-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi melakukan survei sosial ekonomi garis kemiskinan dan penduduk miskin tahun 2017. Hasilnya, angka kemiskinan di Kuansing meningkat 0,12 persen.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kuansing Wahyu Adhiputra, Kamis kemarin menyebut, tahun 2016 tingkat kemiskinan di Kuansing mencapai 31.220 jiwa, sementara tahun 2017 tercatat 31.950 jiwa penduduk miskin.

"Memang, berdasarkan hasil survei kami di Kabupaten Kuansing, kalau dibandikan antara tahun 2016 dan 2017 terjadi peningkatan angka kemiskinan dengan persentase 0,12 persen," kata Wahyu.

Dikatakan, indikator meningkatnya angka kemiskinan akibat merosotnya pendapatan per kapita masyarakat setiap bulan yang hanya Rp497.747. Kondisi itu didapati pada masyarakat di level perekonomian menengah ke bawah yang mengais rezeki dari hasil pertanian dan perkebunan.

"Rendahnya harga jual karet saat ini yang hanya berkisar di bawah Rp10.000 per kilogram, membuat pendapatan petani menurun drastis. Akibatnya, mereka kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Sedangkan 40 persen masyarakat Kuansing itu mata pencaharian bertani," urainya.

Ditanya mengenai gambaran angka kemiskinan tahun depan, Wahyu mengatakan, bila pemerintah tidak segera berbenah memperbaiki ekonomi, diyakini angka kemiskinan di Kabupaten Kuansing akan semakin meningkat lagi.

"Jadi peningkatan 0,12 persen merupakan hasil yang harus menjadi perhatian oleh Pemerintah Kuansing, agar tahun yang akan datang angka kemiskinan ini bisa berkurang," tukasnya. (*)



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riaumandiri






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017