pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Tahun 2019, Pemkab Kuansing Bangun Dua Jembatan Gantung di Dua Kecamatan
Jumat, 21 September 2018 - 18:03:03 WIB

Tahun 2019, Pemkab Kuansing Bangun Dua Jembatan Gantung di Dua Kecamatan

KUANSING-Dinas PUPR Kuansing tahun depan akan membangun dua jembatan gantung yang menghubungkan Desa Bukit Kauman-Pebaun di Kecamatan Kuantan Mudik dan Desa Kampung Baru-Keresek di Kecamatan Gunung Toar. Pembangunannya akan menggunakan dana APBN tahun anggaran 2019.

"Kami sudah turun ke lokasi membicarakan pembebasan lahan masyarakat yang akan dilalui menuju jembatan gantung tersebut. Alhamdulillah, pembebasan lahan sudah hampir rampung, karena masyarakat mayoritas sangat mendukung rencana pemerintah dalam pembangunan," kata Kepala Dinas PUPR Kuansing Ade Fahrel didampingi Kasi Perencanaan Jafrison (21/9/2018) di Kantornya. 

"Sebenarnya kita sudah mengusulkan lima lokasi untuk dibangun jembatan gantung, yakni Bukit Kauman-Pebaun Kuantan Mudik, Kampung Baru-Keresek Gunung Toar, Pulau Lancang-Simandolak di Kecamatan Benai, Pulau Busuk-Seberang Pulau Busuk di Kecamatan Inuman dan Pasar Cerenti-Pulau Jambu Cerenti," tambahnya.

Ada beberapa hal yang membuat tiga usulan pembangunan jembatan tersebut gagal, salah satunya pemerintah pusat mangajukan syarat pembangunan jembatan dengan lebar sungai maksimal 120 meter. Sementara ketiga titik yang direncanakan tersebut melebihi batas maksimal.

Setelah diadakan pengukuran ke lokasi di Tanjung Simandolak, ternyata lebar sungainya hanya 143 meter, untuk Pulau Busuk Inuman 180 meter dan Pasar Cerenti-Pulau Jambu 155 meter. Itulah yang membuat usulan tersebut gagal.

"Dua titik yang berhasil memenuhi syarat adalah Bukit Kauman-Pebaun dengan lebar 112 meter dan Kampung Baru-Keresek hanya 96 meter," ulasnya. (*)

 
 
 
 

Penulis: Jhon Hendri 
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017