pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Bupati Mursini Minta ASN Pemkab Kuansing Tingkatkan Kinerja dan Terapkan Sistem SPIP
Selasa, 25 September 2018 - 14:09:12 WIB

Bupati Mursini Minta ASN Pemkab Kuansing Tingkatkan Kinerja dan Terapkan Sistem SPIP

KUANSING-Bupati Mursini mengatakan, Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjelaskan, sistim pengendalian intern diselenggarakan secara menyeluruh, baik pemerintah pusat maupun daerah.

Sistem ini bertujuan untuk pengendalian intern dan langsung dipraktekkan di pemerintah daerah, meliputi pengendalian lingkungan, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan kinerja aparatur.

"Kita berharap, SPIP dapat menciptakan intern pemerintah bisa tumbuh budaya pengawasan terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan meminimalisir terjadinya penyimpangan yang dapat merugikan negara," kata Mursini kala membuka Kegiatan Penilaian dan Survey Persepsi Tingkat Maturitas SPIP Daerah Kuansing, Selasa (25/09/2018) di Aula SMU Negeri Pintar Kuantan Singingi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Inspektorat Kuansing dan dihadiri Sekdakab DR. Dianto Mampanini dan para pejabat eselon Pemkab Kuansing.

"Peningkatan maturitas SPIP tidak harus dibebankan kepada Inspektorat, namun juga dibebankan secara intern kepada OPD. Saya harapkan seluruh ASN dapat meningkatkan kinerjanya secara maksimal, agar bisa mencapai penilaian mandiri maturitas SPIP menuju level 3," harap Mursini.

Ditambahkan, Pemerintah Daerah melalui Inspektorat bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Riau menyelenggarakan penilaian Mandiri Maturitas SPIP menuju level 3. Acara ini merupakan lanjutan proses peningkatan Maturitas SPIP yang sebelumnya sudah dilakukan Inspektorat tanggal 23 September lalu.

Narasumber sosialisasi adalah Cucu Supangkat, Ak (Auditor Madya) dan Darhilman (Auditor Muda) dari BPKP Perwakilan Riau. (*)





Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017