pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

MenpanRB Sosialisasikan Permen No 19 dan 20/2018, Evluasi Kelembagaan Tiga Tahun Sekali
Kamis, 04 Oktober 2018 - 19:01:58 WIB

MenpanRB Sosialisasikan Permen No 19 dan 20/2018, Evluasi Kelembagaan Tiga Tahun Sekali

PEKANBARU-Organisasi yang tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran merupakan paradigma baru dalam mengingatkan sifat dinamis. Tidak hanya sekadar membentuk struktur, tetapi harus pengelola proses dalam struktur tersebut. Sehingga dapat diketahui berapa struktur yang diperlukan.

Demikian disampaikan Sekretaris Kedeputian Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB T. Eddy Syahputra saat sosialisasi Permen No. 19/ 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah dan Permen No. 20/2018 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah di Pekanbaru, Riau, Kamis (4/10/2018). 

Sosialisasi diikuti pejabat Pemprov/pemkab/pemkot di Sumatera, Jawa Tengah dan Kalimantan. Dari Kabupaten Kuansing dihadiri Sekretaris Daerah Dianto Mampanini.

Eddy mengatakan, kelembagaan dan tatalaksana merupakan dua dari delapan area perubahan reformasi birokrasi. Keduanya memiliki kaitan yang erat. "Organisasi pasti dipengaruhi oleh proses bisnisnya. Melalui pemetaan proses bisnis akan diperoleh jawaban, mengapa struktur organisasi harus dibentuk," ujarnya.

Tinjauan proses dalam struktur merupakan langkah fundamental dalam menghadapi era digitalisasi, yakni pemerintahan berbasis elektronik (e-government). Namun penerapan e-goverment akan mubazier tanpa adanya pengelolaan proses bisnis yang memadai. 

Pada kesempatan itu, Asdep Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana Yanuar Ahmad mengatakan, sebenarnya sudah banyak instansi pemerintah yang melakukan evaluasi kelembagaan. "Tetapi umumnya sekedar untuk kepentingan tertentu,  misalnya demi meningkatkan tunjangan kinerja," ujarnya.

Sekdakab Dianto Mampanini berharap, sosialisasi Permen Nomor 19 dan 20 Tahun 2018 membuat daerah semakin memahami tujuan penerapan Permen tersebut. Sehingga organisasi pemerintahan yang tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran dapat terwujut dan tidak hanya menjadi organisasi yang sekedar membentuk struktur saja melainkan berapa kebutuhan struktur dalam organisasi tersebut dapat diketahui dengan pasti dan menjadi pengelola proses dalam struktur tersebut. (*)






Penulis: Jhon Hendri 
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017