pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Jembatan Tua Sukaping-Pulau Rengas di Kuansing Ambruk, Masyarakat Sudah Usulkan Pembangunan
Minggu, 07 Oktober 2018 - 12:07:57 WIB

Jembatan Tua Sukaping-Pulau Rengas di Kuansing Ambruk, Masyarakat Sudah Usulkan Pembangunan

KUANSING-Jembatan Penghubung Desa Sukaping-Pulau Rengas di Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuansing, Riau ambruk, Sabtu kemarin. Beruntung, kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. 

Ambruknya jembatan akibat materil tiang penyangga yang terbuat dari kayu dan sudah tua serta mulai lapuk dimakan usia. Endang (37), salah seorang warga Sukaping menyebut, tidak ada korban jiwa. Jembatan tersebut memang sudah tua.

"Ya karena sudah lama jadi ambruk. Kejadiannya siang tadi. Korban jiwa tidak ada, karena kebetulan tidak ada yang lewat," ujarnya.

Jembatan sepanjang 120 meter itu berdiri di atas areal persawahan penduduk dan dibangun tahun 2005 melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) menggunakan dana AMD dan Pemkab Kuansing.

Babinsa Desa Sukaping dan Pulau Rengas Agus Hefrian membenarkan kalau jembatan tersebut dibangun TMMD tahun 2005. Masyarakat lebih mengenal jembatan ini dengan sebutan jembatan Nuaran. Jembatan tersebut sekarang sudah berusia 13 Tahun.

Sehari-sehari jembatan itu dimanfaatkan masyarakat untuk penghubung menuju desa Pulau Rengas. Begitu juga sebaliknya masyarakat desa Pulau Rengas ke desa Sukaping. Jembatan ini merupakan jalan elternatif, untuk menuju masing-masing dua desa ini, sebab jalan ini merupakan jalan pintas. Saat musim turun ke sawah, jembatan ini dimanfaatkan sebagai akses mengangkut hasil panen padi.

Gunakan Dana Desa
Di sisi lain, Pemerintah desa Sukaping sudah beberapa kalu mengusulkan perbaikan jembatan tersebut ke Pemkab Kuansing. Sebelum ambruk, masyarakat meminta pemerintah membangun jembatan baru. Namun, permintaan tersebut belum direspon.

Karena itu, Pemerintah Desa Sukaping berinisiatif membangun jembatan tersebut dengan dana desa yang bersumber dari APBN. "JEmbatan ini sangat dibutuhkan. Sekarang masyarakat jadi sulit untuk beraktivitas, setelah ambruk siang kemarin," kata Kades Sukaping Awirman, Minggu (7/10/2018) pagi.

Dikatakan, jembatan ini merupakan objek vital masyarakat. Tahun 2019 akan dibangun permanen menggunakan dana desa melalui APBN. "Rencana ini sudah kami masukkan dalam RKPDes. Insya Allah, menjadi prioritas dibangun permanen Tahun depan, karena besar manfaatnya bagi masyarakat," ujar Awirman. (*)






 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riauterkini






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017