pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Kebutuhan Beras Kuansing Setahun 36.000 Ton, Produksi Petani Hanya 18.000 Ton
Senin, 22 Oktober 2018 - 09:50:48 WIB

Kebutuhan Beras Kuansing Setahun 36.000 Ton, Produksi Petani Hanya 18.000 Ton

KUANSING-Bupati Mursini, Minggu (21/10/2018) menghadiri acara 'Badoa Padang' Warga Desa Pulau Ingu, Kecamatan Benai, Kuansing, Riau. Doa Padang rutin diadakan setiap tahun, sebelum masyarakat petani turun ke sawah. Tujuan memohon kepada Allah SWT dengan harapan hasil panen tahun ini diberikan keberhasilan dan dihindarkan dari segala bencana.

Sehubungan dengan harapan tersebut, Bupati Mursini berpesan kepada masyarakat untuk mengindahkan segala anjuran bercocok tanam yang disarankan penyuluh pertanian lapangan. Mulai dari penggunaan benih unggul, pengolahan tanah, cara tanam cacar legowo, penggunaan pupuk yang berimbang maupun pengendalian hama dan penyakit tanaman.

"Saya mengharapkan petani bisa bercocok tanam dua kali setahun. Karena kebutuhan beras kita pertahun di Kuansing 36.000 ton, sementara produksi yang ada baru 18.000 ton. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut salah satu caranya adalah bercocok tanam dua kali dalam setahun," harapnya.

Sementara tokoh masyarakat Pulau Ingu Armis Dusat mengharapkan masyarakat memanfaatkan lahan pertanian sebaik-baiknya dan jangan ada lagi lahan pertanian yang tidak terkelola dengan baik. Apalagi sampai dialih fungsikan ke komoditi lain, seperti perkebunan. 

"Kepada Pemkab Kuansing saya mengharapkan agar masyarakat dibantu tiga peralatan meknisasi pertanian. Karena peralatan yang ada baru tiga unit dan tidak cukup untuk mengelola sawah yang ada di Desa Pulau Ingu ini," harapnya.

Datuak Gomuak Nasri, salah seorang penghulu di kenagerian Simandolak menyampaikan, masyarakat Pulau Ingu diharapkan tidak melepas semua ternak yang ada saat masuk musim turun ke sawah. 

Doa Padang dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kuansing, Kadis Pertanian Emmerson, Kadis Perhubungan Asmari, Plt Kadis Perikanan Fabri Komara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Marwan, Camat Benai Masnur Judin dan ratusan masyarakat Desa Pulau Ingu. (*)





Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017