pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Bupati Mursini Boyong Sejumlah Kepala OPD ke Jakarta, Upaya Meraup APBN 2020
Kamis, 10 Januari 2019 - 06:42:11 WIB

Bupati Mursini Boyong Sejumlah Kepala OPD ke Jakarta, Upaya Meraup APBN 2020

KUANSING-Bupati Mursini memboyong sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Jakarta, Rabu (9/1/2019). Ini merupakan upaya jemput bola dengan mendatangi sejumlah kementerian di Jakarta.

"Ini upaya agar Kabupaten Kuansing bisa meraup anggaran pemerintah pusat melalui APBN tahun anggaran 2020 mendatang," ujar Kabag Humas dan Protokoler Sekdakab Kuansing H. Ridwan kepada media.

Para Kepala OPD yang diajak bupati antara lain Kadis PUPR Ade Fahrel, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jupirman, Kadis  Perumahan dan Permukiman Burhanuddin, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Indra Suandy, Kadis Kesehatan Reza Tjahyadi dan Kepala BPKAD Hendra AP.

Kepada para kepala OPD, Bupati Mursini memerintah mendatangi kementerian teknis terkait. Misalnya Kadis PUPR dan Perkim ke Kementrian PUPR, Kadis Kesehatan ke Kementerian Kesehatan begitu juga dengan kepala OPD yang lainnya mereka mendatangi kementerian dengan membawa proposal kegiatan.

Menurut Ridwan, sebelum ke Kementerian teknis, Bupati Mursini terlebih dahulu mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Di sana, bupati dan rombongan disambut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. 

Kepada Luhut Binsar Panjaitan, Bupati Mursini menjelaskan, dirinya bersama sejumlah kepala OPD datang dengan membawa sejumlah proposal kegiatan tahun anggaran 2020.

"Kami berharap bapak Menko Kemaritiman yang membawahi sejumlah kementerian dapat membantu Pemkab Kuansing dalam mendapatkan anggaran dari kementerian pada tahun anggaran 2020 mendatang. Karena daerah kami sangat membutuhkan anggaran tersebut," ujar Mursini kepada Luhut Binsar Panjaitan.

Terhadap permohonan yang disampaikan tersebut, Luhut menegaskan akan mengupayakannya semaksimal mungkin. "Masukkan saja proposal anggaran dan kegiatannya terlebih dahulu, kami akan mengupayakannya semaksimal mungkin," tukasnya.

Menurut Mursini, sejumlah kegiatan yang telah dibuat dan diusulkan antara lain dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk pengembangan objek wisata Danau Masjid Koto Kari, permohonan pengadaan perahu bermotor sebagai sarana transportasi menuju air terjun tujuh tingkat Batang Koban di Lubuk Ambacang dan usulan tropi bergilir piala presiden even pacu jalur tradisional Teluk Kuantan. 

"Selama ini pacu jalur tradisional kita memperebutkan piala Menteri Pariwisata, tahun depan kita upayakan agar even yang kita banggakan ini untuk memperebutkan piala bergilir Presiden RI," ujar Mursini.

Dari Dinas Perkim, usulan kegiatan yang disampaikan adalah pembangunan rumah layak huni sebanyak 7.000 unit, kemudian usulan pembangunan rusunawa 2 tower. Pembangunan rumah rawan bencana di Cerenti dan Pangean sebanyak 100 unit. Pembangunan infrastruktur agropolitan Sentajo Raya dan  Peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan.

Selanjutnya dari Dinas PUPR mengusulkan kegiatan Peningkatan jalan dari Simpang Tiga menuju Pintu Gerbang Kari dan pengairan irigasi di arena Venue dayung Lubuk Jambi.

Seterusnya Dinas Pendidikan mengusulkan pembangunan arena renang, rehab stadion dan gor dan pembangunan asrama atlit. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan antara lain telah mengusulkan revitalisasi puskesmas, pembangunan IPAL, pengadaan mobil ambulance dan pengadaan obat dan pembekalan kesehatan.

"Kesemua usulan program kegiatan yang disampaikan tersebut nilainya mencapai ratusan miliar. Kita berharap dengan semangat dan kemauan yang kuat Pemkab Kuansing akan mendapatkan anggaran pusat yang lebih besar lagi pada tahun 2020 mendatang," tukasnya. (*)






Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017