pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Pertanyakan Nasib Guru Honorer, Komisi A DPRD Kuansing Sambangi Kemendikbud RI
Rabu, 30 Januari 2019 - 17:12:37 WIB

Pertanyakan Nasib Guru Honorer, Komisi A DPRD Kuansing Sambangi Kemendikbud RI

KUANSING-Komisi A DPRD Kuansing menyambangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (28/1/2019) siang. Kedatangan rombongan komisi A yang dipimpin Musliadi untuk mempertanyakan nasib guru honor yang ada di Kuansing. 

"Kita ingin Kemendikbud mengetahui kondisi guru di daerah. Selama ini, peserta didik pulang sekolah pukul 13.00 WIB, namun para guru tetap di sekolah sampai pukul 16.00 WIB. Kita pertanyakan, apakah itu merupakan kebijakan pusat. Sebab, selama ini mereka menyebut mengacu kepada UU ASN," ujar Musliadi.

Masalah ini menjadi polemik di daerah, karena tidak semua daerah menjalankan kebijakan tersebut. Persoalan kedua yang disampaikan meminta Kemendikbud memperhatikan nasib guru bantu di daerah, seperti mereka yang sudah honor lama agar diprioritaskan dan diangkat menjadi PNS.

"Saat ini, ada yang sudah honor 10 dan 20 tahun. Ke depanya, kami meminta Dirjen Pendidikan menyampaikan kepada MenpanRB kalau ada penerimaan guru CPNS supaya dibagi dalam dua kelompok, yakni umum dan honorer seperti pada zaman pemerintahan SBY," katanya.

Ditambahkan, salah satu penyebab menurunnya kualitas pendidikan di Kuansing, karena guru honorer yang sudah melewati usia 35 tahun tidak memiliki kesempatan menjadi PNS. Sehingga semangat untuk mendidik dan mengajar menjadi berkurang. "Ini juga kita sampaikan kemaren terhadap Kementerian dalam kunjungan tersebut," tukasnya.

Komisi A juga meminta agar perekrutan CPNS betul-betul terarah dan aturan yang dibuat sebelumnya harus dijalankan, karena ada caleg yang sudah berada dalam DCT dinyatakan lulus CPNS. Padahal, dalam fakta integritas disebutkan, peserta tidak boleh terdaftar sebagai peserta partai politik. (*)

 
 
 
 


Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riauterkini






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017