pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Bupati Minta Dewan Hakim LPTQ Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme
Selasa, 24 Maret 2015 - 13:07:49 WIB

Bupati Minta Dewan Hakim LPTQ Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme

SELATPANJANG-Dewan Hakim Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti diminta untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dalam menjalankan tugas serta fungsinya sebagai juri. Hal ini perlu dalam upaya meningkatkan prestasi qori dan qoriah pada lomba baca dan hafal Al Quran.
 
"Dewan hakim LPTQ harus semakin baik. Ke depan saya harapkan dewan hakim dapat menjadi dewan hakim dan juri tingkat Provinsi, bahkan kalau bisa menjadi dewan hakim LPTQ tingkat nasional," kata Bupati, H. Irwan Nasir pada pembukaan pelatihan dewan hakim yang berlangsung di Ballroom Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Senin (23/3).
 
Dikatakan, selain melakukan pembinaan terhadap para qori dan qoriah, kita juga mengelar pelatihan untuk dewan hakim. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas kemampuan, sekaligus profesional dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya sebagai juri dalam setiap iven yang dilaksankan.
 
Sejauh ini, menurut bupati, dirinya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dewan hakim LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah berhasil meningkatkan prestasi para qori dan qoriah di MTQ Tingkat Provinsi tahun 2014 lalu. Dimana Meranti berhasil menjadi Juara umum II, setelah Kabupaten Rohul. Menurut bupati, sebagai kabupaten baru prestasi tersebut sangat luar biasa dan membangakan.
 
Dikatakan, pada MTQ tahun 2012 di Bagansiapi-api, tepat awal Kabupaten Meranti terbentuk hanya berhasil menduduki peringkat 12. Tahun berikutnya di Bangkalis Meranti menduduki peringkat enam, kemudian pada MTQ di Kabupaten Rohul menduduki peringkat lima lalu di Tembilahan berhasil meraih peringkat II.
 
Pembinaan dalam empat tahun terakhir, membawa Meranti melesat meraih prestasi juara umum kedua se-Provinsi Riau. "Meranti dalam waktu singkat telah diperhitungkan ditingkat Provinsi, namun bukan saja prestasi tetapi harus berdampak pula pada perbaikan ahklak masyarakat,” harapnya.

Tahun 2014 lalu, Kabupaten Meranti memenangkan enam kategori dan ke depan targetnya harus menjadi juara umum dengan mengantarkan qori dan qoriahnya memenangi sembilan kategori. Untuk mengoptimalkan prestasi qori dan qoriah, Bupati meminta tim pendamping LPTQ yang bertugas mendampingi dan menfasilitasi semua kebutuhan qori dan qoriah.

Bupati juga mengapresiasi pelatihan dewan hakim LPTQ yang dilaksanakan demi meningkatkan kemampuan dan profesionalitas. "Kegiatan ini harus terus dilaksanakan, agar kualitas dewan hakim semakin baik. Diharapkan dapat menjadi dewan hakim dan juri tingkat Provinsi," ujarnya.
 
Pada pembukaan pelatihan dewan hakim juga dihadiri Ketua LPTQ H. Ishak Izra'i dan Ketua DPRD Fauzy Hasan SE. Pelatihan dewan hakim tersebut diikuti 100 orang peserta dari sembilan kecamatan di seluruh  Meranti. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015