pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Bupati Minta Camat dan Kades Kelola Keuangan Sesuai Aturan
Rabu, 25 Maret 2015 - 13:57:43 WIB

Bupati Minta Camat dan Kades Kelola Keuangan Sesuai Aturan

SELATPANJANG-Untuk memberikan pemahaman terhadap pemanfaatan pengelolaan anggaran desa, Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar bimbingan teknis Penyusunan APBD dan Penatausahaan Keuangan Desa. Bimtek berlangsung, Selasa (24/3) di Ballroom AFIFA.

Bupati Drs. H. Irwan Msi mengatakan, tahun ini pemkab telah mengambil kebijakan baru, mengalokasikan dana setiap desa selain dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Anggaran tersebut dalam jumlah relatif besar. Dimana setiap desa minimal akan memperoleh bantuan antara Rp 1,4 miliar sampai Rp 1,7 miliar. Sehingga total keseluruhan anggaran yang dikembangkan desa tahun 2015 sekitar Rp 2 miliar,” ujar bupati.

Dengan semakin banyaknya dana yang diterima desa, sangat diperlukan pemahaman matang dalam mengelolanya. Karena itu, alangkah baiknya diberikan bimbingan dalam pengelolaan dana tersebut.  

Ditegaskan, kepada seluruh camat dan kepala desa dalam mengelola keuangan dana harus sesuai aturan yang berlaku dan jangan sampai terjebak atau melanggar aturan hukum. Dalam rangka penuntasan kemiskinan, keuangan desa perlu ditingkatkan dan harus didorong untuk masa datang. "Program Meranti Mandiri (PMM) yang dirasakan sangat bernilai dan sangat penting bagi masyarakat desa, karena bisa mengakomodir keinginan masyarakat yang tidak tertampung," ujar bupati.

Dalam Bimtek tersebut, selain dihadiri bupati juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. Iqaruddin Msi, Kepala SKPD, camat dan kepala desa serta BPKP Provinsi Riau. Bimtek akan berlangsung selama dua hari. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015