pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Bupati Irwan, Baznas Miliki Peran Penting Entaskan Kemiskinan
Jumat, 22 Mei 2015 - 10:56:27 WIB

Bupati Irwan, Baznas Miliki Peran Penting Entaskan Kemiskinan

SELATPANJANG-Program kerja Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) dinilai penting dalam membantu dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat dengan ekonomi lemah. Keberadaan Baznas diharapkan bisa membantu pemerintah mengentas kemiskinan.

Demikian disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan Nasir MSi ketika menghadiri rapat koordinasi Baznas se-Provinsi Riau yang berlangsung di aula Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Rabu (20/5/2015).

"Meskipun Kepuluan Meranti sebuah kabupaten baru, dalam hematnya keberadaan Baznaz di Meranti mempunyai arti yang cukup penting dan sangat dibutuhkan masyarakat menyangkut bantuan bila terjadi tingkat kemiskinan,” kata Irwan.

Program kerja Baznas perlu di dorong, ekonomi Islam menjadi sebuah kekuatan baru yang harus di berikan luang dan bisa menyentuh langsung pada masyarakat. Seperti halnya Program kerja Baznas Meranti, diantaranya Program Meranti Sehat, Meranti Cerdas, Meranti Agamis, Meranti Peduli dan Meranti Produktif. "Kinerja Baznaz Kepulauan Meranti, dengan pengumpulkan zakat dan menjalankan beberapa program kerja, menjadi pekerjaan tambahan yang berorentasi untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bagian Haji dan Zakat Kanwil Riau Irhas mengatakan, spirit keagamaan yang tumbuh dihati nurani dan di dukung dengan Undang–undang tentang pengelolaan zakat serta kesadaran terhadap syari'ah akan memicu jiwa pengabdi. "Kesempatan ini adalah upaya untuk menajamkan program, sinergikan program dan memantapkan program. Bahkan pengelola yang berada diluar pemerintah sama–sama di undang untuk memperhatikan tugas mulia ini. Berharap gugusan itu akan lebih sempurna lagi, sehingga tidak terabaikan lagi," harapnya.

Dirjen Bimas Kementrian Agama, Drs. H. Hamim menambahkan, rakor yang dilaksanakan bertujuan untuk mengevaluasi program, tugas serta kewenangan Kemenag dalam UU No 11 tahun 2012 pasal 34, Kementrian Agama Lembaga Pemerintah Non Struktural. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015