pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Sekda Iqaruddin Buka Festival Sagu Meranti II dan BBGRM
Selasa, 26 Mei 2015 - 10:55:33 WIB

Sekda Iqaruddin Buka Festival Sagu Meranti II dan BBGRM

TEBING TINGGI TIMUR-Sekdakab Drs. H. Iqaruddin MSi bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Fahmizal, membuka Festival Sagu Meranti II dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2015 di Desa Sungaitohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Senin (25/5/2015).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan SE, anggota Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Nirwana Sari Irwan, Asisten I Setda Meranti Alizar SSos, Camat Tebingtinggi Timur Helfandi, Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Melalui festival ini, Bupati Drs. H. Irwan Nasir dalam sambutannya berharap, bisa meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat dan menjadikan sagu Meranti sebagai sumber pangan pokok nasional. Disamping bisa melahirkan berbagai turunan yang kelak dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sempena peringatan BBGRM di Kabupaten Kepulauan Meranti, kata bupati, sangat bermakna di tengah keragaman tetap menjaga kesatuan dan gotong-royong sebagai jati diri bangsa dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Festival Sagu Meranti ini terlihat semarak, dengan tersajinya berbagai makanan olahan sagu di sejumlan stand desa Tebingtinggi Timur. Adapun makanan yang disajikan Lempeng Sagu, Sempolet, Mie Sagu, Sagu Rendang, Gobak. Golek dan lainnya. Di lokasi juga ditaja berbagai lomba yang diikuti perwakilan setiap desa, seperti lomba menggolek (mendorong,red) Tual Sagu, Anyam Atap Rubia dan Lari di atas Tual Sagu.

Camat Tebingtinggi Timur Helfandi mengatakan, Festival Sagu Meranti merupakan agenda tahunan dan bukan hanya sekedar seremonial belaka. Tapi diharapkan dapat memberikan umpan balik dalam rangka mengembangkan kearifan lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti. "Kami berharap Pemprov dan Pemerintah Pusat dapat lebih memperhatikan potensi Sagu Meranti, sebagai alternatif pangan Nasional," ucapnya. 

Selain itu, tanaman sagu yang bersahabat dapat tumbuh berdampingan serta dapat pula sebagaipenyelamat ekosistem. Namun saat ini, di tengah potensi besar sagu Meranti ternyata masih meninggalkan permasalahan, yakni lahan perkebunan Sagu masyarakat yang masuk dalam kawasan HTI perusahaan. "Harapan kami Pemprov Riau dapat memfasilitasi penebangan sagu, khususnya masalah pembebasan lahan HTI Perusahaan," ujar Hefandi.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal berjanji akan memfasilitasi pengembangan potensi sagu Kepulauan Meranti. "Acara ini dapat menjadi ajang Promosi Daerah mendukung Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi kluster sagu nasional," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015