pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Meranti Raih WTP Kali Ketiga, Bupati Apresiasi Kinerja SKPD
Minggu, 31 Mei 2015 - 11:56:58 WIB

Meranti Raih WTP Kali Ketiga, Bupati Apresiasi Kinerja SKPD

PEKANBARU-Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan Nasir M.Si didampingi Ketua DPRD H. Fauzy Hasan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Loporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2014. Laporan langsung diserahkan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Drs. Widiyatmantoro di Gedung BPK RI Perwakilan Riau, Pekanbaru, Kamis (28/5/2015) lalu.

Laporan yang diterima Bupati menyatakan, Kabupaten termuda di Riau itu berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut. Di mana tahun 2012 dan 2013 Meranti juga sudah meraih predikat sama.

Laporan tersebut dikemas dalam empat buku, yakni buku I LHP yang memuat Laporan Keuangan Pemerintah dan Opini atas Laporan tersebut, buku II memuat Sistem Pengendalian Intern dan buku III adalah LHP atas Kepatuhan terhadap peraturan perundang-udangan, dan catatan.

Kepala BPK RI Drs. Widiyatmantoro mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah berhasil meraih Opini WTP terhadap akuntabilitas keuangannya. Meski demikian, masih ditemukan beberapa catatan namun sudah semakin baik. "Pengelolaan Kuangan Pemda Meranti semakin baik, namun perlu juga dilakukan perbaikan atas beberapa catatan," ujar Widiyatmantoro.

Menerima laporan tersebut, Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPK RI Provinsi Riau yang telah melakukan pembinaan. Sehingga Meranti berhasil meraih predikat WTP. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran SKPD, khususnya Inspektorat yang telah mengawal pengelolaan keuangan daerah. Tak lupa kepada DPRD Kabupaten Meranti yang sangat berperan mengawal Akuntabilitas Keuangan Pemda sehingga Meranti berhasil meraih Opini tertinggi atas Laporan Akuntabilitas Keuangannya.

"Terima kasih kepada jajaran BPK RI, yang senantiasa melakukan pembinaan secara berkala terhadap Laporan Keuangan Pemerintah, dan SKPD yang telah bekerja keras, begitu juga DPRD Kabupaten Meranti atas pengawalan pengeloaan keuangan Pemda," ujar Irwan.

Dengan diraihnya opini WTP tiga kali berturut-turut, Kabupaten Meranti terus menjalankan komitmennya untuk meningkatkan pengelolaan akuntabilitas keuangan. Salah satunya dengan menerapkan Sistem Laporan Akuntabilitas Keuangan yang berbasis Akrual. "Semoga dengan penerapan Sistem Laporan Akuntabilitas Keuangan Berbasis Akrual semakin mengoptimalkan performa pengelolaan keuangan Pemda, meski begitu kami juga sangat membutuhkan binaan dari BPK RI," ulas Irwan.

Irwan juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Siak yang juga menerima WTP, selamat langsung diucapkan Bupati Irwan kepada Bupati Syamsuar. "Selamat kepada Bupati Siak yang juga meraih predikat WTP. Semoga Siak dan Meranti dapat sharing informasi terkait pengelolaan akuntabilitas keuangannya," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015