pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Sekda Iqaruddin Apresiasi Kehadiran PNS Usai Cuti Bersama Idul Fitri
Jumat, 24 Juli 2015 - 00:39:33 WIB

Sekda Iqaruddin Apresiasi Kehadiran PNS Usai Cuti Bersama Idul Fitri

SELATPANJANG-Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Iqaruddin MSi mengapresiasi kehadiran pegawai negeri sipil pada hari pertama masuk kerja, usai cuti bersama Idul Fitri 1436 H. Apresiasi diberikan melihat tingkat kehadiran pegawai yang mencapai 95 persen.

"Tingkat kehadiran PNS mencapai 95 persen. Hal itu terlihat dari jumlah PNS yang hadir saat upacara dan inspeksi mendadak (Sidak) yang telah dilakukan. Meski masih ada yang tidak hadir, namun sudah cukup memuaskan," kata Sekda usai memimpin upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Rabu (22/7/2015) lalu  di halaman Kantor Bupati.

Dikatakan, sidak dilakukan dalam rangka menegakan disiplin pegawai sesuai surat edaran Bupati dan SKB tiga Menteri yang melarang PNS menambah libur. Makanya langsung dilakukan Sekda bersama Kepala BKPP Meranti Revirianto, Sekretaris BKPP Edi Afrizal dan Kabid Pembinaan Rika menunjungi sejumlah SKPD, di antaranya Bagian Umum Sekda, Bagian Hukum, Bagian Ortal, Bagian Humas serta Kantor Camat Tebing Tinggi.

Dalam sidak tersebut, Sekda mengecek satu-persatu absen PNS dan mencoret nama pegawai maupun honorer yang kedapatan bolos kerja tanpa alasan yang jelas, alasan dimaksud sesuai dengan surat edaran yakni sakit atau terhambat diperjalanan karena medan yang berat dan hanya diberi dispensasi dua hari. "Sesuai surat edaran Bupati dan SKB tiga Menteri PNS tidak diperbolehkan menambah libur, kecuali sakit atau terhambat akibat jalur transportasi yang berat," ujar H Iqaruddin.

Kepada PNS yang tidak hadir tanpa alasan, Sekda meminta Kepala SKPD untuk memberikan teguran sampai tindakan tegas sesuai dengan PP No. 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai. "Saya minta Kapala SKPD memberikan teguran dan tindakan tegas jika tidak maka Kepala SKPD yang bertanggung jawab," ujarnya.

Dalam rangka memastikan pelayanan publik sudah bejalan 100 persen, usai Sidak ke beberapa SKPD Sekda Iqaruddin bersama Kapolres Meranti AKBP Z Pandra, melakukan peninjauan kebeberapa pelayanan publik, yakni Pos Pengamanan Lebaran di Jalan Merdeka Selatpanjang, Bank BNI, Kantor Imigrasi Selatpanjang, Polsek Tebing Tinggi, Kantor Camat Tebing Tinggi, Pos Pengamanan Lebaran di Pelabuhan Peranggas serta Tanjung Samak.

"Hasil peninjauan dan dialog langsung dengan petugas gabungan Polisi, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Tenaga Kesehatan di Pos Pengamanan, diketahui Kabupaten Meranti berada dalam keadaan kondusif, begitu juga dalam hal pelayanan publik yang sudah beroperasi 100 persen. Hari pertama kerja usai libur bersama, pelayanan masyarakat sudah beroperasi penuh mulai dari Perbankan Bank, Pembuatan Pasport dan KTP di Kecamatan," ulas Sekda.

Begitu juga dengan pelayanan transportasi darat dan laut tidak ada hambatan sehingga mobilitas orang, barang dan jasa berjalan dengan lancar. "Ini buktinya kegiatan perekonomian masyarakat Meranti sangat baik, terlihat dari mobilitas orang, barang dan jasa berjalan dengan lancar," tukasnya.

Meski kondisi Meranti berada dalam keadaan aman dan kondusif, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Kapolres Meranti AKBP Pandra mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada khususnya kepada yang akan berpergian agar menjaga barang bawaan dan tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, jika ada sesuatu yang mencurigakan segera laporkan kepada aparat kepolisian. "Dari laporan yang kita terima kondisi Meranti sangat kondusif, sejak tanggal 10 lalu hingga tanggal 25 nanti Kepolisian Meranti akan standbye di Pos Pengamanan," ujar Kapolres. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI 2015