pemerintah daerah kabupaten meranti
Home    

Wabup Said Hasyim Buka Festival Lampu Colok dan Meriam Bambu 2019
Jumat, 31 Mei 2019 - 14:09:22 WIB

Wabup Said Hasyim Buka Festival Lampu Colok dan Meriam Bambu 2019

MERANTI-Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau kembali menggelar Festival Lampu Colok Ramadan 1440 H tahun 2019. Ini dilakukan dalam rangka melestarikan tradisi masyarakat Melayu yang kental dengan nuansa Islam.

Acara dibuka Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim di Taman Cik Puan Selatpanjang, Jumat (31/5/2019) malam. Tampak hadir Kapolres AKBP. La Ode Proyek, Anggota DPRD Edy Masyudi, Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, Staf Ahi Bupati Askandar, Asisten I Syamsuddin, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rizki Hidayat, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra, Ketua MUI Mustafa, Kabag Kesbang Asrizal Harahap, Sekcam Tebing Tinggi dan Tokoh Masyarakat/Adat/Agama lainnya.

Peresmian Festival Lampu Colok dikemas dengan lomba Meriam Buluh (Bambu) di Kepulauan Meranti ditandai dengan penyulutan api perdana lampu colok dan peletupan Meriam Buluh oleh Wakil Bupati Said Hasyim didampingi Kapores AKBP La Ode Proyek, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis dan pejabat lainnya.

Wakil Bupati mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini murni tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat dan sudah menjadi tradisi dalam menunggu malam Lailatul Qadar dan kegembiraan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Wabup berharap, kegiatan ini terus dilestarikan dan bila perlu dikemas sedemikian rupa agar makna dari kegiatan yang kental dengan nuansa Islami itu tetap melekat dihati masyarakat. Begitu juga untuk kegiatan Meriam Buluh permainan Tradisional masyarakat Melayu zaman dulu yang juga layak dilestarian.

Wabup juga mengajak segenap masyarakat untuk pro aktif mendukung Kepolisian dalam menjaga kondusifitas daerah terutama menghadapi arus mudik menjelang Idul Fitri 1440 H. "Mari kita jaga lingkungan kita jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, semoga dengan dukungan dari segenap masyarakat Meranti dapat menjadi negeri yang aman dan makmur," ucapnya.

Anggota DPRD Meranti sekaligus tokoh masyarakat Edy Masyudi mengatakan, ivent ini dalam rangka melestarikan kegiatan yang telah membudaya dari Kota hingga kepelosok Meranti itu. "Mewakili seluruh elemen masyarakat kami berharap kegiatan ini tidak cukup disini saja, semoga kedepan dapat berkembang dan merata disetiap Kecamatan," tukasnya.

Pemerintah telah memperlombakan lampu colok dan yang berhasil keluar menjadi yang terbaik akan diberikan memberikan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp15 juta. Dimana pengumuman akan disampaikan tanggal 4 Juni 2019 saat malam takbiran.

Adapun aspek penilaian yang dilakukan panitia mengacu pada bentuk miniatur, desain lampu sesuai dengan tema Ramadan, Artistik dan aspek Keamanan. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Meranti berharap, kedepan ivent ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi potensi wisata religi di Meranti. (*)








Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Humas Pemkab Meranti






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.merantikab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN MERANTI © 2015