pemerintah daerah kabupaten pelalawan
Home    

Ratusan Ikan di Sungai Kerumutan Mendadak Mati, DLH Pelalawan Periksa IPAL PT MAS
Rabu, 13 Juni 2018 - 19:20:30 WIB

Ratusan Ikan di Sungai Kerumutan Mendadak Mati, DLH Pelalawan Periksa IPAL PT MAS

PELALAWAN-Ratusan ikan di Sungai Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (12/6/2018) lalu mendadak mati. Kondisi tersebut mengejutkan warga Desa Tambun, Kecamatan Bandar Petalangan. Sejauh ini, masih belum diketahui penyebab pasti kematian ikan-ikan tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan sudah menurunkan tim hari ini, Rabu (13/6/2018) ke lokasi ikan mati di Desa Tambun. Tim akan melakukan pemeriksaan lapangan dan mengambil sampel air sungai untuk dilakukan uji labor.

Fokus dari tim adalah melakukan pemeriksaan Instalasai Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik PT Makmur Andalan Sawit (MAS) yang berdekatan dengan tempat kejadian. Seperti diketahui, Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT MAS tidak jauh dari Sungai Kerumutan.

"Anggota saya suruh memeriksa IPAL milik PT MAS. Itu yang paling utama. Jika IPALnya tak bermasalah, berarti bukan itu (limbah) penyebabnya," kata Kepala DLH Pelalawan Syamsul Anwar, Rabu (13/6/2018).

Diterangkan, banyak penyebab ikan mati mendadak di sungai. Mulai dari limbah, perubahan suhu, kekurangan oksigen, mikroorganismes dan lain-lain. Apabila IPAL milik perusahaan pengolahan kelapa sawit itu ternyata tak bermasalah, DLH tak bisa menyimpulkan apa penyebab ikan mati di Sungai Kerumutan. "Itu yang lebih paham orang dinas perikanan. Silahkan warga bertanya kesana," tukasnya.

Menurut Syamsul, tak ada perusahaan yang dengan sengaja mengola limbahnya diluar baku mutu. Tentu akan berhadapan dengan lingkungan sekitarnya. (*)

 


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.pelalawankab.go.id
PEMKAP PELALAWAN © 2018