pemerintah daerah kabupaten pelalawan
Home    

Pasca Kerusuhan di Rutan Siak, Polres Pelalawan Razia Jalur Perbatasan
Sabtu, 11 Mei 2019 - 11:53:13 WIB

Pasca Kerusuhan di Rutan Siak, Polres Pelalawan Razia Jalur Perbatasan

PELALAWAN-Polres Pelalawan, Riau langsung bergerak cepat mengantisipasi masuknya tahanan dari Rutan Kabupaten Siak yang kabur, Sabtu (10/5/2019) dini hari tadi. Hal itu terjadi setelah rutan terbakar yang diawali dengan kerusuhan antara petugas dengan para tahanan.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK langsung memerintahkan personilnya melaksanakan razia di beberapa titik perbatasan Pangkalan Kerinci dengan Kabupaten Siak. "Tadi subuh kita laksanakan razia di perbatasan Siak tepat di depan Subsektor Pelalawan. Untuk bantu menangkap kembali napi yang kabur," kata Kaswandi, Sabtu (10/5/2019).

Siang ini, menurut Kaswandi, pihaknya tetap melakukan pemantauan di beberapa lokasi perbatasan antara daerah. Seluruh jajaran mulai dari polsek dan satuan di polres diterjunkan untuk membantu mencari keberadaan para tahanan yang melarikan diri.

Kaswandi mengimbau seluruh masyarakat, bila melihat ada orang-orang yang mencurigakan atau orang yang asing di lingkungannya supata segera menyampaikan kepada kepolisian. "Sampai sekarang masih belum ada kita temukan. Kita akan terus melakukan patroli di daerah perbatasan," ujarnya.

Suasana Rutan Kondusif
Sementara itum suasana Rutan Klas IIB Siak pasca terjadinya kerusuhan, kini berangsur kondusif. "Sekarang situasi di Rutan terbilang sudah kondusif," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Sabtu siang.

Sunarto menyebut, saat ini sedang berlangsung proses evakuasi Napi dan tahanan dari Rutan Klas IIB Siak ke beberapa cabang Rutan dan Lapas lain di Riau. Salah satunya, para tahanan dipindahkan ke Pekanbaru.

Ratusan personel gabungan juga sudah disiagakan untuk berjaga-jaga di Rutan. Di antaranya 200 personel Polres Siak, BKO dari Polda Riau 30 orang personel. Lalu ada 2 Satuan Setingkat Pleton (SSP) dari Brimobda Riau, total 60 personel. Ada juga back up dari jajaran TNI. "Dalam proses pemindahan kita ikut mengawal, dari Brimob. Kalau untuk ke mananya, bisa dikonfirmasi ke Kemenkumham, yang jelas kita kawal," tukasnya. (*)






Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.pelalawankab.go.id
PEMKAP PELALAWAN © 2018