pemerintah daerah kabupaten pelalawan
Home    

PKPU Human Initiative Riau Berikan Layanan Kesehatan dan Berbagi Masker di Pelalawan
Senin, 09 September 2019 - 10:39:18 WIB

PKPU Human Initiative Riau Berikan Layanan Kesehatan dan Berbagi Masker di Pelalawan

PEKANBARU-PKPU Human Initiative Riau menggelar Aksi Peduli Kabut Asap Riau di sejumlah wilayah terdampak di Kabupaten Pelalawan, yakni Kecamatan Pangkalan Kuras, Kerumutan dan Langgam.

BMKG stasiun Pekanbaru menyebut, Pelalawan, Inhu, Dumai dan Bengkalis masih terdampak kabut asap akibat karhutla. Pelalawan merupakan wilayah cukup parah dengan menyisakan jarak pandang kurang dari 3 kilometer, kemudian Dumai 4 kilometer dan Pekanbaru 5 kilometer. 

Untuk mengurangi beban masyarakat yang menjadi korban asap karhutla, PKPU Human Initiative Riau menggelar aksi peduli di Pelalawan, 7-8 September 2019. Aksi dilakukan dalam bentuk pemberian masker N95, pemeriksaan kesehatan dan layanan pengobatan gratis. 

Sebelumnya dari 23 Agustus sampai 1 September 2019, Human Initiative sudah melakukan aksi peduli kabut asap di Pangkalan Kuras dan Kerumutan meliputi Desa Sialang, Desa Meranti, Kelurahan Kerumutan, Desa Banjar Panjang, Desa Mateduk dan Desa Rawa Matang. 

Dalam aksi tersebut, sebanyak 473 orang mendapatkan layanan pengobatan gratis dan 2500 orang lainnya diberikan masker. Tanggal 7-8 September 2019, dilaksanakan aksi peduli kabut asap di Kelurahan Langgam, Tambak dan Desa Sering. 

Masyarakat sangat antusias mengikuti program ini. Terlihat dari tingginya tingkat kehadiran warga di posko pengobatan. Masyarakat yang hadir terdiri dari berbagai usia, balita hingga lansia. Sebanyak 327 orang mendapatkan layanan pengobatan gratis dan 300 orang lainnya memperoleh masker N95. 

“Kegiatan ini sangat diperlukan masyarakat, karena sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, terutama saat musim asap begini,” ujar Maitizan, Lurah Langgam kepada media. (*)



Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.pelalawankab.go.id
PEMKAP PELALAWAN © 2018