pemerintah daerah kabupaten pelalawan
Home    

Waspada Banjir, Debit Sungai Kampar di Pelalawan Riau Meningkat
Rabu, 11 Desember 2019 - 16:05:11 WIB

Waspada Banjir, Debit Sungai Kampar di Pelalawan Riau Meningkat

PELALAWAN-Sejumlah wilayah di Kabupaten Pelalawan, Riau diingatkan untuk mewaspadai potensi banjir, seiring meningkatnya curah hujan. Banjir baru saja terjadi di Desa Lubuk Kembang Bunga yang terletak dekat Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui.

Apalagi, debit air Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan terus meningkat setiap hari. Peningkatan terjadi antara 10 sampai 20 centimeter dalam sehari, berdasarkan pemantauan water indikator level di di jembatan penyeberangan ponton Sungai Kampar.

Hari ini, Rabu (11/12/2019), tinggi permukaan air mencapai 1,96 meter. Mendekati titik normal antara 2 sampai 3 meter.

"Ketinggian air kita pantau terus dan memang menunjukan peningkatan setiap hari, tapi belum signifikan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hari Penandio, Rabu (11/12/2019).

Peningkatan permukaan air Sungai Langgam diakibatkan tingginya intensitas hujan di Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya. Termasuk di bagian hulu baik di daerah Lipat Kain, Kota Padang, serta Kabupaten Kampar.

Alhasil air kiriman yang datang semakin besar ke hilir dan menambah debit air. Kondisi sungai saat ini, menurut Hadi, belum dipengaruhi air yang dilepas dari PLTA Koto Panjang di Bangkinang.

Pembukaan pintu waduk baru akan terasa setelah lima hari, air yang sudah sampai akan meningkatkan debit sungai secara drastis. "Saat ini di sepanjang bantaran Sungai Kampar masih aman dan belum ada genangan. Banjir baru terjadi di Desa Lubuk Kembang Bunga saja," tukasnya.

Untuk Desa Air Hitam Kecamatan Ukui yang bertetangga dengan Desa Lubuk Kembang Bunga sedang diwanti-wanti. Diprediksi, desa tersebut bakal terendam banjir akibat luapan Sungai Nilo. 

Sementara itu, pasca penetapan status siaga darurat bencan banjir dan longsor, seluruh stakeholder diminta rutin memantau areal masing-masing serta melaporkan kondisinya kepada Satgas Gabungan yang sudah terbentuk. (*) 
 


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.pelalawankab.go.id
PEMKAP PELALAWAN © 2018