pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Suyatno Ajak Seluruh PNS di Rokan Hilir Untuk Berzakat
Senin, 07 Maret 2016 - 17:15:30 WIB

Bupati Suyatno Ajak Seluruh PNS di Rokan Hilir Untuk Berzakat

BAGAN SIAPIAPI-Bupati H Suyatno mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk ikut berzakat. Menurutnya, berzakat dinilai sangat penting, selain untuk ibadah juga untuk membantu program pemerintah mengentaskan kemiskinan.

"Kita sebagai PNS, tolong ikhlaskan sedikit hartanya. Bayangkan saja, duduk di warung kopi satu hari habis Rp50.000, kalau sebulan sudah berapa. Masa menyisihkan 2,5 persen saja tidak bisa," kata Suyatno saat penandatanganan MoU Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rohil, di Aula Kantor Bappeda Rohil, Jumat lalu.

Dia menilai, dengan rezeki yang dicari berkat susah payah selama ini, bila dizakatkan kepada mustahik tentu sangat kaya dengan hikmah semua itu. Karena itu, mulai sekarang disepakati dibuatnya gerakan membayar zakat.

Selain itu, termasuk pada perusahaan juga nantinya akan dilakukan MoU. Semua itu dilakukan untuk membantu masyarakat yang susah. di mana hal ini sangat diharapkan. Pemkab Rohil juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan tanggung jawab BAZNAS Provinsi Riau yang setiap tahunnya selau menyalurkan bantuan kepada kabupaten/kota.

"Khusus BAZNAS Rohil, saya berpesan pembagian zakat harus tepat sasaran kepada yang berhak menerimanya. Selain itu, diminta buat gerakan pasar murah dan diharapkan sebelum puasa program itu sudah ada," pintanya.

Diharapkan, semua kepala SKPD untuk mengarahkan anggota agar rajin berzakat, mengingat selama ini minimnya pemasukan di BAZNAS Rohil. Contoh Kabupaten Siak, dimana kas di BAZNAS Siak sampai hari ini mencapai Rp11 miliar. Padahal daerah ini sama-sama berdiri, tetapi mereka bisa.

Sementara itu, Ketua BAZNAZ Provinsi Riau, Auni M Nur menambahkan, setiap tahun pihaknya rutin memberikan bantuan seluruh kabupaten/kota di Riau. Dia berharap Rokan Hilir dapat menyalurkan zakat kepada mustahik.

"Kalau bisa pembagiannya tidak lagi perorangan, tapi secara berkelompok. Karena lebih mudah mengembangkan usaha bagi penerima, apakah itu di bidang pertanian, perikanan dan lain sebagainya. Hal seperti inilah yang kita inginkan bersama," kata Auni M Nur. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rohilkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR 2016