pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Suyatno Resmi Tetapkan Status Rokan Hilir Siaga Darurat Karhutla
Kamis, 10 Maret 2016 - 15:18:27 WIB

Bupati Suyatno Resmi Tetapkan Status Rokan Hilir Siaga Darurat Karhutla

BAGANSIAPIAPI-Bupati Rokan Hilir, Suyatno telah mengeluarkan keputusan penetapan status Rohil siaga darurat karhutla. Dengan demikian, berbagai langkah segera diambil sebagai bagian dari reaksi atas keputusan tersebut. 

Langkah yang diambil setelah rapat koordinasi dengan forkopimda, membentuk posko di Ujung Tanjung, tepatnya di pos kehutanan. Semua mobil pemadam kebakaran disiagakan di kawasan rawan karhutla, seperti Tanah Putih, Rantau Bais, Mumugo dan juga Kubu. Setiap camat harus membentuk masyarakat gotong royong peduli api, karena dari desa yang dimiliki, baru 37 desa yang membentuk. 

Setiap kecamatan diminta peta kecamatan, termasuk peta masyarakat yang mempunyai kebun, apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan, maka akan mudah diketahui pemiliknya. “Tapi sekarang, yang dilacak, ini lahan siapa, satu manusiapun tidak mengaku ini,” ujar Suyatno usai penetapan status darurat, Kamis (10/3/16) di Bagansiapiapi. 

Aparat, menurut Suyatno apabila menemukan masyarakat membakar lahan dan hutan, tidak akan diberi ampun. “Itu tidak ada ampun, ini akan disikat habis, oleh para penegak hukum. Ini komitmen daripada pemerintahan sekarang ini,” ingatnya. 

Makanya Suyatno mengajak seluruh masyarakat, media masa, sebarkan informasi himbauan kepada masyarakat, baik itu orang perorang, kelompok atau pengusaha yang mau berinvestor di Rohil, jangan coba-coba lagi membakar lahan yang ada disekitarnya. 

Sarana pendukung untuk memadamkan karhutla ini diakui Suyatno belum cukup, namum Pemkab Rohil melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah ada pengadaan mesin pemadam kebakaran 10 unit. 

Rohil juga mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau, 18 unit mesin pemadam kebakaran dan satu unit mobil pemadam kebakaran. “Dan juga saya mengajukan permohonan kepada Bank Riau Kepri untuk menambah lagi pemadam kebakaran ini sebanyak 20 unit, itu dana CSR. Dana CSR tidak saya gunakan kemana-mana, untuk kepentingan masyarakat. Tahun ini kita beli mesin pemadam kebakaran, insya Allah, dalam waktu dekat, itu mesin akan kita dapati,” kata Suyatno.(adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rohilkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR 2016