pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Suyatno Menilai, Perhatian Pemerintah Provinsi dan Pusat Terhadap Pulau Jemur Kurang
Minggu, 20 Maret 2016 - 17:56:54 WIB

Bupati Suyatno Menilai, Perhatian Pemerintah Provinsi dan Pusat Terhadap Pulau Jemur Kurang

BAGAN SIAPIAPI-Pulau Jemur yang berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir sampai sekarang masih kurang diperhatikan Pemerintah Provinsi Riau maupun pusat. Akibatnya, Pemkab Rohil terpaksa harus menunggu investor untuk mengembangkan pulau terluar tersebut.

"Pulau Jemur berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Malaysia, kebetulan letaknya di Rohil. Memang dana kita terbatas untuk menggelolanya, seharusnya pemerintah pusat punya tanggung jawab karena itu salah satu bagian Indonesia," kata Bupati Rokan Hilir, Suyatno kepada wartawan, Minggu (20/3/2016).

Dikatakan, keberadaan pulau terluar ini memiliki banyak penyu hijau dan didukung dengan panorama alam yang indah. Bila dikelola dan dikembangkan sebagai objek wisata, tentu akan berpotensi menarik para wisatawan asing. "Ini salah satu aset daerah, tapi pemerintah pusat tidak pernah memperhatikan, sarana dan prasarananya selama ini dibangun oleh Pemkab, sementara Pemprov Riau hanya sekedar memberikan perhatian saja," tuturnya.

Bahkan, untuk mendukung potensi wisata Pulau Jemur yang selama ini sulit diakses, pemerintah setempat berinisiatif akan membeli kapal cepat dengan kapasitas 150 orang penumpang. Kapal cepat dengan tujuan Bagansiapiapi menuju Pulau Jemur ini, terangnya selain untuk mempermudah penumpang maupun investor mengelola pulau itu, tapi semua perizinan juga akan digratiskan.

"Jangan lagi kita telalu berharap dari DBH Mingas, kalau itu terus diharapkan daerah ini tidak akan berkembang. Makanya semua potensi daerah yang ada harus digali," katanya.

Potensi seperti ini, hendaknya dikemas dan ditata dengan baik, karena sudah saatnya untuk mengangkat seluruh potensi wisata Rohil seperti Pulau Jemur. "Kita sangat berkomitmen mengangkat potensi besar ini yang semata-mata bisa menambah pendapatan asli daerah serta dapat mendatangkan wisatawan luar ke Rokan Hilir, ini yang diharapkan," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rohilkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR 2016