pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Suparman Sambangi Lapas Pasirpangaraian, Berikan Remisi ke 299 Napi
Jumat, 18 Agustus 2017 - 01:25:12 WIB

Bupati Suparman Sambangi Lapas Pasirpangaraian, Berikan Remisi ke 299 Napi

PASIR PANGARAIAN-Bupati Suparman menyambangi Lapas Klas IIB Pasir Pengaraian, Kabupaten Rohul, Riau. Kunjungan tersebut dilakukan usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8/2017) untuk memberikan SK remisi dari KemenkumHAM kepada 299 narapidana. 

SK Remisi diserahkan secara simbolis dengan didampingi Wakil Bupati H. Sukiman,? Ketua DPRD Kelmi Amri SH, Sekda Ir. Damri, Forkompinda dan pejabat Pemkab Rohul.

Sebelumnya, Kepala Lapas Klas IIB Pasir Pangaraian Muhammad Lukman mengatakan?, tahun ini ada 299 napi menerima remisi Umum/RU I atau masih ada sisa pidana. Mereka memperoleh pengurangan antara 15 hari sampai 6 bulan.

Sedangkan untuk Remisi Umum/RU II atau langsung bebas hanya diterima satu napi bernama Sugianto Simbolon. Menurut Lukman, sampai Agustus 2017, jumlah warga binaan Lapas Klas IIB Pasirpangaraian ada 730 orang, terdiri 527 Napi dan 203 tahanan. "Dari isi hunian yang ideal 175 orang, sehingga mengalami over kapasitas sekitar 374,29 persen," ulas Lukman.

Diakui, warga binaan yang menghuni Lapas Klas IIB Pasirpangaraian sendiri didominasi perkara tindak pidana narkotika, pencurian dan perlindungan anak.

Sementara itu, Bupati Suparman menyampaikan harapan kepada Lapas Klas IIB Pasirpangaraian agar memberikan pelayanan baik ke warga binaannya. Suparman tidak ingin, Lapas Pasirpangaraian seperti Rutan Sialang Bungkuk. Karena pelayanannya buruk, ratusan warga binaan mel?arikan diri dari tahanan.

Diakui, sebagai salah satu mantan warga binaan, dia sangat mengerti apa yang diharapkan para warga binaan. Salah satunya, remisi merupakan hak diterima Napi dan harus diberikan, apalagi warga binaan merupakan saudaranya.

"Diharapkan seluruh petugas Lapas memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan. Demikian juga warga binaan harus menghormati petugas dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.

"Saya yakin, jika pelayanan di Lapas ini baik, tentu Lapas ini akan sejuk dan damai," tambah Suparman disambut tepuk tangan warga binaan.?

Suparman juga mengajak warga binaan ikut memerangi narkoba. Saat ini, pemerintah terus berupaya menyelematkan masyarakatnya agar tidak rusak akibat narkoba. 

Warga binaan juga diminta berlaku baik selama menjalani hukuman, sehingga mereka bisa hidup damai di lingkungan tempat tinggalnya setelah bebas nanti, dan menjadi teladan bagi pelanggar hukum lainnya. "Lakukan perbuatan yang baik, dan lupakan perbuatan yang buruk sebelumnya," imbaunya. (adv/hms) 






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rohilkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR 2016