pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Pemkab Rohul Targetkan Lahan Panen Padi 25.000 Hektare
Sabtu, 26 Januari 2013 - 16:21:09 WIB

Pemkab Rohul Targetkan Lahan Panen Padi  25.000 Hektare

PASIR PENGARAYAN-Upaya awal Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk mewujudkan swasembada beras, dimulai dari peningkatan luas lahan panen dan penerapan teknologi tepat guna kepada petani padi sawah dan padi gogo.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Mubrizal kepada wartawan, Jumat (25/1) mengatakan, dari hasil laporan UPTD Pertanian di kecamatan menyebutkan, hasil panen padi di Kabupaten Rokan Hulu mencapai 67 669 ton dari lahan yang ada sekarang seluas 20.235 hektare. Namun jumlah ini masih bersifat sementara, karena angka ril hanya bisa dikeluarkan Badan Pusat Statistik.

Sedangkan tahun ini, Dinas Tanaman Pangan Rokan Hulu menargetkan luas lahan panen 24.000 hektare, dengan rincian 6.000 hektare untuk kegiatan SL PTT padi lahan kering dan 2.702 hektare untuk musim tanam II bulan April-Sepetember. Sementara lahan seluas 3.075 hektare akan diberdayakan pada musim tanam I medio Oktober-maret. Dengan demikian, total lahan yang akan ditanam tahun ini adalah  11.782 hektare ditambah hasil panen padi gogo dan sawah musim tanam I bula oktober tahun 2012 lalu yang akan dipanen maret nanti dan program intensifikasi penanaman 1 dan 2 yang luasnya mencapai 14.213 hektare.

Dengan demkian, target luas lahan panen seluas 25 hektare tahun 2013 akan bisa tercapai. "Kita targetkan tahun ini, luas lahan penen mencapai 25.000 hektare dengan pemamfaatan teknologi tepat guna kepada petani melalui dukungan dana APBN, APBD Propinsi dan APBD Kabupaten,"ucapnya.

Sedangkan untuk lokasi lahan tanaman padi tersebut berada di 16 kecamatan Rokan Hulu dengan tanaman padi sawah dan tanaman padi lahan kering. Untuk tanaman padi sawah, menurut Mubrizal,lahan yang paling banyak berada di Kecamatan Rambah, Rambah Samo dan Rokan IV koto dengan memanfaatkan sistim jaringan air irigasi yang mengalir untuk sawah.

"Untuk jaringan irigasi, kita selalu berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Pengairan agar debit air bisa tetap terpenuhi untuk mengaliri sawah petani," ujarnya. (epi)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013