pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

75 PPK di Rohul Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/ dan Jasa Pemerintah
Senin, 11 September 2017 - 06:05:59 WIB

75 PPK di Rohul Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/ dan Jasa Pemerintah

PASIR PANGARAIAN-‎Sebanyak 75 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohul mengikuti pendidikan latihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah. Kegiatan yang diprakarsai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Rohul tersebut dibuka Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setdakab Rohul Ir. Muhammad Ruslan, Senin (11/9/2017).‎

M. Ruslan mengatakan, sesuai pidato Bupati Suparman, tujuan Diklat dan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa untuk meningkatkan keahlian PPK dan Pejabat Pengadaan. Bila PPK dan Pejabat Pengadaan menguasai aturan-aturan barang dan jasa, tentu mereka akan terhindar dari masalah hukum, apalagi sekitar 70 persen kasus korupsi berawal dari pengadaan barang/jasa pemerintah.

‎"Memang saat ini setiap Satker sangat minim sekali pejabat pembuat komitmen dan pejabat pengadaan. Sudah lama tidak ada Diklat ini lima tahun yang dibutuhkan oleh Satker dalam pengadaan barang jasa tersebut," ulas M. Ruslan.

Dikatakan, bila setiap OPD mempunyai PPK dan Pejabat Pengadaan bersetifikasi barang jasa, otomatis Satker, tentu tidak akan lagi tersandung masalah pengadaan barang/jasa nantinya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Rohul Samsul Kamar mengatakan, tujuan Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk mensertifikasi ASN.

Diakui, sejauh ini Pemkab Rohul masih kekurangan personel PPK dan Pejabat Pengadaan bersertifikat di bidang barang jasa, karena Diklat dan Ujian Sertifikasi seperti ini terakhir dilaksanakan tahun 2012 lalu. Saat ini, banyak anggota Pokja ULP Rohul yang merangkap jabatan di beberapa OPD sebagai anggota Pokja dan pejabat pengadaan.

"Sehingga kita nilai tidak efektif, karena dengan banyaknya kegiatan dilaksanakan hanya dengan satu orang tentunya tidak efisien. Sehingga kita targetkan tahun ini ada penambahan personel untuk regenerasi 75 orang untuk ujian sertifikasi, dan yang mengikuti Diklat 55 orang," urai Samsul.‎ (adv/hms) 






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013