pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Pemkab Rohul akan Perbaiki Rumah Rusak Akibat Banjir
Selasa, 19 Februari 2013 - 14:32:24 WIB

Pemkab Rohul akan Perbaiki Rumah Rusak Akibat Banjir

PASIR PENGARAYAN-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berjanji akan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat dihantam banjir, Jumat (15/2) kemarin. Perbaikan akan dilakukan setelah banjir surut dan kondisi kembali normal, karena saat ini pembangunan kembali rumah warga yang rusah tidak bisa dikerjakan akibat curah hujan yang masih tinggi.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rohul, Aceng Hariana, Selasa (19/2) di Pasir Pengarayan. Menurutnya, banjir di Pasir Pengarayan dan sejumlah daerah lain di Rokan Hulu teah menimbulkan kerusakan terhadap sejumlah rumah warga. Data yang dihimpun BPBD Rohul, di Kecamatan Pasir Pengarayan terdapat satu rumah roboh diseret banjir dan di Kecamatan Rambah Hilir, tali getek pelayangan putus.

Saat ini, kata Aceng, pemilik rumah yang roboh sudah diungsikan di rumah sewa yang dibiayai pemerintah, termasuk logistiknya. Sedangkan untuk Tali getek pelayangan yang putus di Rambah Hilir sudah dibelikan di Pekanbaru dan segera bisa dipasang, agar warga bisa menyebrang kembali.

"Terhadap kerusakan rumah warga akibat banjir akan kita perbaiki kembali nantinya setelah banjir normal," tukasnya.

Dikatakan, bantuan logistik terhadap para korban banjir sekarang sudah didistribusikan ke daerah banjir berdasarkan data yang disampaikan pemerintah kecamatan kepada BPBD Rokan Hulu. Dimana sekarang terdapat 5.300 rumah dengan penghuni 22.100 jiwa terendam banjir. Bantuan tanggap darurat seperti beras, minyak goreng, mie instan, air mineral dan beberapa bantuan lainnya sudah didistribusikan ke lokasi banjir.

Sedangkan bantuan pasca bencana atau rehabilitasi akan dikoordinasikan dengan BPBD Provinsi,terutama menyangkut rencana bantuan pasca banjir. "Prinsipnya, pemerintah komitmen untuk membantu korban banjir, baik memberikan bantuan tanggap darurat maupun pasca bencana," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013