pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Pemkab Rohul akan Terapkan Pembangkit Listrik Biomas
Selasa, 26 Februari 2013 - 19:12:44 WIB

Pemkab Rohul akan Terapkan Pembangkit Listrik Biomas

PASIR PENGARAYAN-Untuk memenuhi pasokan listrik, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan memamfaatkan energi Biomas yang lebih ramah lingkungan. Bahan baku energi ini nantinya bersumber dari limbah Pabrik Kelapa Sawit yang banyak terdapat di Rokan Hulu.

Untuk merealisasikan program tersebut, Pemkab Rohul telah ditandangani nota kesepakatan (MoU) pengembangan dan pemamfaatan energi terbaru pembangkit listrik dengan United States Agency International Development (USAID). Nantinya, USAID dan ICED akan menjadi tim ahli dalam mengembangkan energi listrik terbaru tersebut.

Bupati Rokan Hulu, H Achmad usai mendengarkan ekspose dan penandatanganan MoU kepada wartawan, Selasa (26/2) mengatakan, program pemerintah tersebut akan melibatkan seluruh PKS yang ada di Rokan Hulu untuk mendukung program pembangkit listrik ini dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik daerah.

Dikatakan, dari sistim energi terbaru ini, pasokan dari satu PKS akan menghasilkan 1 Mega Watt listrik. Saat ini, di Rokan Hulu terdapat 29 PKS yang sudah bersedia untuk ikut terlibat mendukung program tersebut. Dengan demikian, kata Achmad, diharapkan akan bisa menghasilkan 29 Mega Watt listrik. Bila hal ini berjalan sesuai rencana, maka kebutuhan listrik di Rokan Hulu akan bisa terpenuhi.

"Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Rokan Hulu, pemerintah sudah melakukan kerja sama dengan USAID untuk memanfaatan sumber energi terbaru Biomas dengan bahan bakunya berasal dari limbah PKS yang ramah lingkungan," papar Achmad.

Sementara Senior promosi USAID, Retno Subagyo menambahkan, USAID dalam hal ini tim teknis atau tim ahli siap untuk melakukan pengembangan dan pemanfaatan Biomas sebagai sumber energi baru. Namun untuk kelanjutan kerjasama dengan PKS dalam hal penyediaan bahan baku pembangkit listrik Biomas, diserahkan kepada Pemkab Rokan Hulu.

Karena selain di Rokan Hulu, energi listrik dengan pemanfaatan Biomas juga sudah dikembangkan di beberapa kabupaten di Riau dan energi listrik yang dihasilkan cukup membantu dalam mendukung pasokan energi listrik dari PLN. Apalagi melihat sumber bahan baku yang cukup banyak di Rokan Hulu, maka pengembangan pembangkit listrik dengan energi terbaru sangat baik untuk dilaksanakan, agar kebutuhan listrik di Rokan Hulu bisa terpenuhi.

"Kita disini hanya bertugas sebagai tim ahli pengembangan energi terbaru. Selanjutnya Pemkab Rokan Hulu yang akan melaksanakannya melalui kerjasama dengan PKS yang ada di sini," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013