pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Wujudkan Masyarakat Qurani, Bupati Buka MTQ Rohul XIII
Kamis, 28 Februari 2013 - 08:45:26 WIB

Wujudkan Masyarakat Qurani, Bupati Buka MTQ Rohul XIII

PASIR PANGARAYAN-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang berlangsung di Kabupaten Rokan Hulu, bukan hanya semata-mata sebagai acara seremonial, melainkan ajang mencari bakat dan menjaring bibit-bibit qori dan qoriah andal sebagai duta daerah.

Demikian disampaikan Bupati Rohul, Achmad ketika membuka MTQ Rohul ke-32 di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Selasa (26/2) malam. Menurutnya, walau tidak meraih umum pada MTQ, tapi daerah mesti bangga karena sudah berdayakan qori dan qoriah yang merupakan sumber daya manusia lokal.

Dikatakan, pemberdayaan SDM lokal merupakan langkah pemerintah daerah untuk lebih percaya dengan masyarakat tempatan. "Dengan tidak menggunakan produk import atau pinjaman dari luar daerah, masyarakat kita lebih dapat meningkatkan prestasinya, sebab pemerintah sudah mempercayakan segalanya kepada masyarakatnya," katanya.

Sementara untuk program Menghafal Alquran yang telah dicanangkan Pemkab Rohul sejak Ramadan 1433 Hijriyah lalu dan program Gerakan Maghrib Mengaji juga diharapkan memperoleh dukungan penuh masyarakat luas.

Menurut Achmad, kitab suci Al-Quran sangat erat kaitannya dengan salat. Jika dua unsur itu dilaksanakan, kehidupan umat akan lebih baik. Harapan dari pelaksanaan program menghafal Alquran, Maghrib Mengaji dan Memakmurkan Masjid yang telah dicanangkan pemerintah agar tercapai generasi muda Islami. Ibarat pepatah, Kecil duduk mengaji dan sudah besar tegak sembahyang.

"Jika tiga program itu didukung penuh masyarakat Rohul, julukan Negeri Seribu Suluk yang telah diberikan kepada Kabupaten Rohul justru akan menjadikan daerah ini sesuai julukan aslinya," ujar Bupati.

Meski begitu, menurut Achmad, program Memakmurkan Masjid, Menghafal Alquran, dan Maghrib Mengaji dilaksanakan secara istiqomah, segala permasalahan seperti masalah pendidikan, kesehatan, listrik, air bersih, dan lainnya seluruhnya akan tuntas di daerah.

"Agar program-program keagamaan yang telah dicanangkan berjalan sesuai harapan, kalangan camat beserta jajarannya diperintahkan mengikuti aturan yang telah disusun pemerintah," ujarnya.

Kalangan camat juga diminta mendukung penuh daerahnya yang dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Riau ke-32 yang akan dipusatkan di Pasirpangaraian 6 Juni 2013 mendatang. "Helatan MTQ bukan sekedar acara seremonial belaka dan dalam bidang keagamaan, namun pada faktanya tanpa disadari turut menumbuhkan aktifitas ekonomi di kalangan masyarakat. Dari ajang MTQ juga bakal lahir anak-anak Rohul yang berbakat dan taat pada Alquran. Anak-anak ini lah yang menjadi aset penting dan berharga bagi daerah dalam proses pembangunan daerah seutuhnya," tukasnya.

Upaya menciptakan anak-anak Rohul yang taat pada agama, karena itulah Pemkab Rohul membangun pondok pesantren bagi kalangan hafiz dan hafizah atau penghafal Alquran di kawasan Islamic Centre Pasir Pangaraian. Setiap kecamatan diminta siapkan hafith dan hafizahnya. Mereka akan dididik khusus dan disiapkan sebagai qori dan qoriah Rohul untuk dikirim pada even MTQ tingkat provinsi, Nasional, dan Internasional. Selama di pemondokan, seluruh kebutuhan para hafit dan hafizah ditanggung pemerintah daerah termasuk biaya pendidikan, dan sandang pangannya.

Sementara Kakanwil Kemenag Riau Tarmizi Tohor mengaku ajang MTQ merupakan salah satu proses pembangunan SDM dalam bidang keagamaan di Provinsi Riau. "Selain ajang MTQ, Program Maghrib Mengaji yang juga telah dicanangkan Kantor Kemenag Riau sejak bulan Ramadhan 1433 hijriyah lalu merupakan salah satu upaya masyarakat Muslim mencitai Alquran," kata Tarmizi.

Selain dihadiri Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri, kalangan kepala satuan kerja dan kalangan camat, pembukaan MTQ Rohul ke-13 di Desa Tangun Kecamatan Bangunpurba turut dihadiri kalangan unsur Forkompinda Rohul serta Kakanwil Kemenag Riau. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013