pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Pertengahan Maret Ini, Pemkab Rohul Cairkan ADD 2013
Jumat, 01 Maret 2013 - 09:20:28 WIB

Pertengahan Maret Ini, Pemkab Rohul Cairkan ADD 2013

PASIR PENGARAYAN-Untuk menunjang operasional pemerintahan desa, Pemkab Rokan Hulu dalam waktu akan mencairkan alokasi dana desa. Besaran ADD setiap desa bervariasi, mulai dari Rp300 juta sampai Rp 400 juta.

"Dana ADD tersebut akan digunakan untuk pembayaran gaji aparatur desa sampai tingkat RT. Bahkan imam masjid juga mendapat bagian dari dana ADD tersebut," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa,  Bhudia Kasiono kepada wartawan, Kamis (28/2).

Dikatakan, pencairan dana ADD sekarang masih dalam proses. Diperkirakan pertengahan Maret ini, seluruh desa sudah bisa menerimanya. Namun sebelum pencairan, para kepala desa harus lebih dulu menyiapkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan dana ADD pada tahun sebelumnya. Karena hal ini merupakan syarat mutlak bagi desa yang ingin melakukan pencairan dana dan menyerahkan RAPB Desanya.

Disebutkan, dari 147 desa yang ada baru 65 persen saja yang sudah menyerahkan LPj dan RAPB Des ke kantor BPMPD Rokan Hulu. Artinya, masih ada 48 desa lagi yang belum menyerahkan. Sehingga perlu dorongan Pemerintah Kecamatan agar desa menyerahkan LPj dan RAPBdes tersebut secepatnya. "Dalam waktu dekat dana ADD akan kita serahkan, namun harus lengkap LPJ tahun lalu dan RAPBdes tahun ini. Karena itu syarat mutlak untuk pencaiaran dana," papar Bhudia Kasino.

Dikatakan, dibandingkan tahun lalu, tahun ini lebih meningkat dana ADD yang diserahkan kepada seluruh Desa. Jika tahun lallu hanya mendapat Rp49,5 miliar, sekarang meningkat menjadi Rp56,5 miliar. Hal ini tentu berdampak positif bagi aparat desa dalam meningkatkan dan semangat kerjanya sebagai pelayan masyarakat dan berharap agar dana tersebut digunakan sesuai peruntukannya.

"Kita berharap dana ADD ini nantinya digunakan sesuai dengan peruntukan. Karena sudah ada petunjuk teknis yang diberikan dalam pengelolaan dana ADD tersebut," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013