pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Tahun Ini, Dinas BMP Rohul akan Bangun 1.435 Meter Turap
Senin, 25 Maret 2013 - 15:37:54 WIB

Tahun Ini, Dinas BMP Rohul akan Bangun 1.435 Meter Turap

PASIR PENGARAYAN-Dinas Bina Marga Pengairan Rohul, tahun ini akan membangun tembok penahan tebing atau turap sepanjang 1435 meter pada sejumlah sungai di Kabupaten Rokan Hulu. Pembangunan turap tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya longsoran tebing di sepanjang pinggir sungai.
 
Pembangunan turap tersebut akan dikemas dalam 19 paket kegiatan, di mana sembilan paket sudah mulai dilelang dan mulai dikerjakan. Ke-9 paket tersebut meliputi, turap di Sungai Pogang Pasir Pengarayan, Sungai Sialang Jaya Kaiti, Sei Kumu Rambah Hilir, Sei Rokan di Bonai, Sei Sosa di Tingkok Tambusai Timur, Sei Sosa di Lubuk Soting, Sei Mahato di Tambusai Utara, Sei Menaming di Kecamatan Rambah dan Sei Giti di Puo, kecamatan Tandun.

Demikian penjelasan Kepala Dinas BMP Rohul, Eri Islami melalui Kabid Pengairan Khoirul, Fahmi kepada wartawan, Senin (25/3). Menurutnya, pembangunan turap tersebut dilakukan untuk menghindarinya terjadinya longsor atau abrasi akibat tingginya curah hujan atau kuatnya arus sungai. Pembangunan turap dilakukan tahun ini atas usulan masyarakat kepada Dinas BMP Rokan Hulu dan aspirasi masyarakat yang diterima anggota dewan saat reses.

"Tahun ini sudah dialokasikan dana untuk membiayai pembangunan turap sepanjang 1.435 meter di sejumlah sungai di Rokan Hulu. Sebagian kegiatan sekarang sudah mulai berjalan," ujar Khoirul.

Dikatakan, pembangunan turap dilakukan bertahap, karena anggaran yang terbatas. Dana yang dialokasi tahun ini hanya cukup untuk kegiatan pembangunan turap. Tahun depan, kata Khoirul, akan diprioritaskan pembangunan lain, tergantung anggaran yang  tersedia. Namun untuk 10 paket yang belum dikerjakan, sekarang sedang dalam proses lelang di ULP. Dalam waktu dekat diharapkan semua kegiatan bisa dikerjakan.

"Terhadap paket yang belum berjalan sedang proses lelang di ULP. Bila pemenangnya sudah ditentukan, Dinas BMP akan membuatkan kontrak kerja agar pekerjaan tersebut segera dilaksanakan," ujarnya. (epi)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013