pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Rohul, Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Makan Ikan
Selasa, 14 Agustus 2018 - 18:21:42 WIB

Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Rohul, Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Makan Ikan

ROKAN HULU-Tim Penggerak PKK dari 16 kecamatan di Rokan Hulu mengikuti lomba masak berbahan dasar ikan di Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Kabupaten tahun 2018‎, Selasa (14/8/2018) di Gedung Wanita Permaisuri Pasirpangaraian.

Lomba dibuka Bupati Sukiman didampingi‎ Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Sri Hardono, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Riau Ir. Yon Azhari.

Sri Hardono selaku ketua panitia melaporkan, LMSI tingkat Kabupaten 2018 diikuti ibu PKK perwakilan dari 16 kecamatan, bekerjasama dengan Forikan dan Tim Penggerak PKK Rohul. Tujuan lomba untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, mengenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan, mendukung ketahanan pangan nasional‎ serta ke empat menggali kearifan‎ khasanah makanan berbahan baku ikan.

‎Dikatakan, dengan membangkitkan budaya makan ikan, diakui Hardono, tentu akan mengurangi angka stanting (gangguan pertumbuhan) terhadap anak usia dini‎ di Kabupaten Rohul. "Dengan kegiatan ini, anak-anak kita (Rohul) kita‎ budayakan makan ikan sejak dini, dari dalam kandungan sampai umur 5 tahun," ungkap Sri Hardono.

Ditambahkan, untuk PKK kecamatan yang keluar sebagai juara tahun ini akan‎ mewakili Rohul di LMSI tingkat Provinsi Riau, September mendatang. Hasil lomba ini dimenangkan PKK Rambah Samo dan mewakili Rohul di Tingkat Provinsi.

Bupati Sukiman kala membuka lomba menyambut baik LMSI yang diprakarsai DKPP Rohul‎ bekerja sama dengan Forikan dan Tim Penggerak PKK Rohul. "Kegiatan ini salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Rokan Hulu untuk Gemar Makan Ikan mulai sejak dini," ulas Sukiman.

Dikatakan, upaya peningkatan konsumsi ikan tidak dapat dilakukan secara parsial, tetapi memerlukan langkah atau gerakan bersama yang berkesinambungan. Secara nasional program ini dinamakan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan.

Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh keberhasilan bangsa dalam dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehat, cerdas dan produktif. Bukti ilmiah menunjukan, SDM yang sehat, cerdas dan produktif antara lain ditentukan oleh status gizi yang baik serta konsumsi pangan yang bermutu dan sehat.

Ditambahkan, sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang mempunyai tanggungjawab dalam menyediakan kebutuhan pangan terutama pangan yang berasal dari ikan. Kabupaten Rohul sebagai salah satu daerah penghasil ikan di Riau dengan produksi perikanan tahun ini mencapai sekitar 8.277.500 ton.

Jumlah itu telah memenuhi kebutuhan konsumsi ikan dengan tingkat konsumsi ikan sebesar 36,30 Kg per kapita per tahun. "Konsumsi ini masih dibawah konsumsi ikan per kapita Provinsi Riau yang mencapai 41,74 Kg per kapita per tahun," tambahnya.(adv/hms) 






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013