pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Targetkan Sebagai Kabupaten Layak Anak, Dinsos PPPA Rohul Sosialisasi Puskesmas Layak Anak
Rabu, 28 November 2018 - 16:57:14 WIB

Targetkan Sebagai Kabupaten Layak Anak, Dinsos PPPA Rohul Sosialisasi Puskesmas Layak Anak

ROKAN HULU-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terus mendorong agar menjadi salah satu Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia. Program ini menjadi prioritas pemerintah ke depannya.

Selain menerapkan Sekolah ‎Ramah Anak, Pemkab Rohul melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PPPA) juga menyiapkan program Puskesmas Layak Anak.

Program ini diperkirakan baru dimulai tahun 2019 dan dimulai dengan Sosialisasi‎ Puskesmas Layak Anak Tingkat Kabupaten Rohul 2018 yang berlangsung di Hotel Gelora Bakti Pasirpangaraian, Rabu (28/11/2018).

Sosialisasi dibuka Bupati Sukiman diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Jaharudin dan diikuti puluhan peserta, yakni Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha Puskesmas se-Rohul‎, para Camat serta Ketua PKK dari 16 kecamatan.

Kabid PPA Dinsos PPPA Rohul Tri Alfina Lestari mengatakan, Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Anak, menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002, ungkap Tri, merupakan masyarakat yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. "Pelayanan Ramah Anak (PRA) merupakan upaya atau pelayanan dilakukan berdasarkan pemenuhan perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak," ulas Tri.

Dikatakan, saat ini diperlukan Puskesmas yang memberikan Pelayanan Rambah Anak, dikarenakan sepertiga jumlah penduduk Indonesia adalah anak-anak. 

Jaharudin, Staf Ahli Bupati Rohul Bidang Pemerintahan dan Hukum mengatakan tujuan dari Sosialisasi ‎Puskesmas Layak Anak dalam rangka mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak‎. "Ini sangat disupport pak Bupati dan akan masuk program strategis ke depannya," ujarnya. 

Untuk menerapkan Puskesmas Layak Anak, menurut Jaharudin,‎ perlu ditingkatkan dari sisi pelayanan untuk anak, seperti tempat istirahat, tempat khusus ibu menyusui, atau taman bermain anak. "Jadi bagaimana daerah nanti bisa menciptakan tempat-tempat pelayanan itu mampu membuat suasana yang lebih representatif‎ untuk semua kalangan, termasuk untuk anak," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013