pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Mulai Mei, Gaji Seluruh Pegawai Dipotong Untuk Bayar Zakat
Kamis, 11 April 2013 - 18:34:04 WIB

Mulai Mei, Gaji Seluruh Pegawai Dipotong Untuk Bayar Zakat

PASIR PENGARAYAN-Mulai Mei mendatang, seluruh gaji pegawai di Kabupaten Rokan Hulu akan langsung dipotong 2,5 persen oleh bendahara masing-masing. Pemotongan tersebut merupakan realisasi dari Perda Zakat yang telah disahkan beberapa waktu lalu oleh DPRD Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu, H Achmad kepada wartawan, Kamis (11/4) mengatakan, pemotongan tersebut sesuai dengan Perda No 07 tahun 2012 yang salah satu isinya mengatur tentang zakat. Karena itu, seluruh pegawai harus mengeluarkan zakat 2,5 persen dan langsung dipotong bendaharawan gaji untuk kemudian diserahkan kepada Badan Amil Zakat (BAZ) Rokan Hulu sebagai lembaga yang ditunjuk untuk mengumpulkan, mengelola dan mendistribusikan zakat kepada pihak yang berhak menerima, sesuai ketentuan yang berlaku.

Dikatakan, dalam agama Islam, harta merupakan pemberian Allah dan hanya bersifat pinjaman. Tidak sepantasnya umat Islam menggunakan hartanya dengan semena-mena dan membatasi prinsip serta kehendak syariah, terutama dalam membayar Zakat. Karena zakat akan membersihkan harta, mensucikan diri dan membantu masyarakat yang kurang mampu yang berada di lingkungan tinggal masing-masing.

"Zakat dapat membersihkan harta kita dan dari zakat yang dikeluarkan tersebut bisa membantu masyarakat kurang mampu lainnya dalam membantu meningkatkan ekonomi mereka," kata Achmad.

Menurutnya, pembayaran zakat merupakan bentuk ketaatan manusia kepada Allah. Hal ini sudah dijelaskan dalam firman Allah dalam surat At Taubah ayat 103 yang berbunyi, "Ambilah zakat dari sebagian harta mereka. Dan dengan zakat itu kamu mensucikan dan membersihkan hartamu. Sebagai timbal balik dari zakat yang telah dikelurkan tersebut, Allah SWT akan melipat gandakan balasan kepada mereka yang membayarkan zakatnya di jalan Allah,"

Bupati juga menyebutkan, ke depan dalam syiar Islam khususnya mengenai zakat akan dibentuk badan zakat, infak dan sedekah untuk memudahkan urusan masyarakat dalam membayar zakat. Dengan lembaga tersebut, diharapkan akan memudahkan penyaluran bantuan untuk masyarakat kurang mampu dalam bentuk bantuan usaha produktif, seperti yang sedang digalakkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

"Untuk Indonesia, baru Rokan Hulu yang benar-benar menunjukkan ketaatannya dalam membayar zakat. Itu dituangkan dalam perda. Zakat yang terkumpul akan diserahkan langsung kepada masyarakat kurang mampu dalam bentuk bantuan usaha produktif dan bantuan bea siswa kepada siswa kurang mampu, namun berperestasi," ujarnya. (epi)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013