pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Buka MTQ XVII Tambusai Utara, Sekdakab: Ajang Seleksi Qori dan Qoriah Berprestasi
Kamis, 21 Maret 2019 - 19:02:17 WIB

Buka MTQ XVII Tambusai Utara, Sekdakab: Ajang Seleksi Qori dan Qoriah Berprestasi

ROKAN HULU-Dari 16 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, baru Kecamatan Bangun Purba dan Tambusai Utara yang menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan tahun 2019.

MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (20/3/2019) dimulai di halaman gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Tambusai Utara di Rantau Kasai, Desa Tambusai Utara dan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Abdul Haris.

Pembukaan diawali dengan pawai taa'ruf. Ribuan peserta dari seluruh desa di Tambusai Utara secara resmi dilepas Sekdakab Abdul Haris dengan titik start dari‎ lapangan Sepak Bola Sultan Zainal Abidin Syah di Rantau Kasai dan finish di lokasi acara halaman Gedung LKA Tambusai Utara.

Piala bergilir tahun diraih Desa Mahato dan diserahkan Kades Mahato Firiadi kepada Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si untuk selanjutnya diserahkan kepada Kades Tambusai Utara Ismar Antoni sebagai tuan rumah MTQ XVII tahun 2019. Piala bergilir tersebut kemudian akan diperebutkan para kafilah di Tambusai Utara.

Abdul Haris mewakili Bupati Sukiman mengatakan, MTQ bukan sekedar ajang silaturahmi masyarakat. Sekaligus ajang pembinaan dan seleksi qori dan qoriah terbaik dari seluruh kecamatan yang akan tampil di MTQ XIX Tingkat Kabupaten yang akan dimulai, 8 April‎ 2019. 

Menurutnya, pelaksanaan MTQ sangat bermanfaat bagi semua. Selain sebagai ajang lomba seni membaca Alqur’an, namun juga sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat di Kecamatan Tambusai Utara. "Karena selama pelaksanaan MTQ beberapa hari ke depan masyarakat dari seluruh desa se-Kecamatan Tambusai Utara ini akan berkumpul," ujarnya.

Diharapkan, melalui MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tersebut akan menumbuhkan rasa kebersamaan di antara masyarakat, sehingga hal itu menjadi modal besar bagi Kabupaten Rokan Hulu membangun daerah ke depannya. "Ini juga sebagai spirit untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang rencananya akan digelar awal April 2019 mendatang," tukasnya. 

Sementara Kades Tambusai Utara Ismar Antoni mengatakan, MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tahun 2019 merupakan wahana dalam menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari alquran, bukan semata mencari bibit qori dan qoriah saja.

"Target kita sebagai tuan rumah untuk mensukseskan MTQ ini, dimana MTQ tahun ini ada empat cabang diperlombakan, yaitu Cabang Tilawah, Fahmil Quran, Sarhil Qur’an dan Tahfiz Qur’an 1 Juz dan 5 Juz," ujar Ismar Antoni. 

Menurut Ismar, MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara dilaksanakan selama tiga hari, 20-23 Maret 2019. MTQ tahun ini diikuti 169 peserta dari 11 desa se-Kecamatan Tambusai Utara. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013