pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Achmad: Pemerintah Tetap Komit Bangun Surau Suluk
Kamis, 18 April 2013 - 17:06:50 WIB

Achmad: Pemerintah Tetap Komit Bangun Surau Suluk

PASIR PENGARAYAN-Bupati Rohul, H Achmad mengatakan, peserta dzikir dan wirid pengajian rutin Thariqat Naqsabandiyah hendaknya bisa datang setiap bulannya, agar kegiatan wirid selalu ramai dan makin menguatkan silaturahmi antar sesama jamaah.

Achmad juga meminta seluruh jamaah untuk meningkatkan amalannya, terutama ketika berada di surau melaksanakan suluk. Untuk memberikan rasa nyaman bagi peserta suluk, pengurus surau hendaknya dapat mengajukan program pembangunan surau yang lebih representatif kepada Pemkab Rohul.

"Sebab, pembangunan rumah ibadah dilakukan secara terencana, karena itu pengurus hendaknya segera mengajukan bantuan sebelum tahun pembangunan dimulai," kata Achmad ketika menghadiri wirid pengajian rutin Thariqat Naqsabandiyah tingkat Kabupaten Rohul di Surau Suluk Syekh Ibrahim, Dusun Kampung Baru, Kecamatan Rambah Rohul, Kamis (18/4).

Dalam kesempatan itu, Bupati kembali menyampaikan komitmen pemerintah  dalam membangun infrastruktur surau suluk di Rohul. Wirid pengajian kali ini mendatangkan Ustadz Abdul Somat dan juga dihadiri Wakil Bupati Rohul, Hafit Syukri serta sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Pengurus Dewan Mursyid Padang Sidempuan. Wirid bulan ini mengambil tema tentang pemahaman talqin mayat dan penguburan jenazah.

Dikatakan, selain pembangunan insfrastruktur rumah ibadah, pemerintah juga terus melakukan pembinaan iman dan taqwa jamaah tariqat, dengan cara menambah pengetahuan Islamnya. Salah satu caranya dengan menggelar wirid rutin agar dapat memberikan pencerahan akhlak dan budi pekerti. Sehingga bisa menambah kesejukan di Negeri Seribu Suluk.

Achmad juga mengimbau para mursyid agar menguatkan persatuan dan kesatuan dan menghindari perpecahan antar masyarakat di Rohul akibat kepentingan politik kelompok tertentu. "Apalagi dalam memberikan pernyataan mendukung salah satu kandidat, sebaginya menciptakan silaturahmi dengan baik. Sehingga dapat mewujudkan Negeri Seribu Suluk secara Toybatun Warobbun Ghofur," tukasnya.

Bupati mengisyaratkan untuk membentuk pengurus thariqat naqsabandiyah tingkat Kabupaten Rohul dipimpin Wabup Rohul, termasuk untuk tingkat kecamatan. Dengan demikian, diharapkan terjadi singkronisasi dan pengelolaan jamaah akan lebih efektif.

Bupati menilai, anggota Thriqat Naqsabandiyah Rohul termasuk manusia-manusia pilihan. "Mereka istiqomah dalam melaksanakan amaliayah-amaliyah dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi wajar kalau ada perhatian khusus bagi mereka, termasuk bagi imam, mursyid dan lainya," tukasnya.

Sementara Ustadz Abdul Somat dalam tausiyahnya menguraikan, berbagai persoalan terkait hukum talqin. Dimana selama ini masih muncul keraguan tentang hukum ibadah Talqin. Padahal Al-Quran dan Hadits menerangkan, talqin hukumnya sunat muaqqad. Karena jenazah dalam kubur tentu akan mendapat pertanyaan-pertanyaan. Jadi hendaknya dengan amal ibadah serta doa-doa anak sanak familinya bisa menjadikan jenazah lebih baik di alam barzah. (adv/hms) 






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013