pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Tebar Benih Ikan, Bupati Sukiman Minta Desa Lubuk Bendahara Pertahankan Kearifan Lokal
Kamis, 31 Oktober 2019 - 08:18:50 WIB

Tebar Benih Ikan, Bupati Sukiman Minta Desa Lubuk Bendahara Pertahankan Kearifan Lokal

ROKAN HULU-Pemerintah Kabupaten Rohul tetap pada komitmen pelestariaan kearifan lokal‎ dan mendukung program peningkatkan masyarakat konsumsi ikan.

Hal itu disampaikan Bupati Sukiman usai menebar ribuan benih ikan di Sungai Larangan Sungai Siki, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul, Rabu (30/10/2019).

Benih ikan itu diharapkan berkembang baik, sehingga bisa meningkatkan hasil panen dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa Lubuk Bendahara di bidang perikanan.

Penebaran ikan di Sungai Siki diikuti dengan jalan santai dan senam bersama masyarakat Desa Lubuk Bendahara dilaksanakan sempena peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Bupati Sukiman hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Peni Herawati Sukiman.

Hadir juga anggota DPRD Patrun Rahman, Staff Ahli Bupati Irpan Ridho, Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar SH, MH, Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP, MMA, Kadis DLH Hen Irpan, Kepala Disperindag Drs Sariaman, Camat Rokan IV Koto Drs Abror, Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi dan ribuan masyarakat.

Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi berharap, kehadiran Bupati Sukiman ke desanya membawa dampak positif untuk kemajuan dan pembangunan di desanya. "Kita berharap pemuda kita, khususnya pemuda Lubuk Bendahara sebagai generasi muda yang maju dan kreatif, karena pemuda itu adalah generasi penerus bangsa," kata Rinaldi.

Rinaldi juga menyampaikan harapan agar Bupati membangun balai adat di Desa Lubuk Bendahara, karena keberadaan balai adat dinilainya sangat penting, sebagai tempat kegiatan adat di desanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih, karena Bupati sudah membantu dana pembangunan Masjid Al Mukhlisin Dusun Siki sebesar Rp50 juta dan menebar ribuan benih ikan, seperti ikan nila, ikan mas, ikan lomak.

Sementara itu, Bupati Sukiman mengatakan, setelah ditebarnya ribuan benih ikan dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Sungai larangan ini merupakan budaya dan kearifan lokal yang harus dipertahankan.

"Sungai-sungai yang selama ini tidak dipakai sekarang kita pakai, sebagai bentuk perhatian kita dalam melestarikan tradisi dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang kita miliki di bidang perikanan untuk kesejahteraan masyarakat," ulasnya.

Selain itu, bupati mengapresiasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tingkat Desa Lubuk Bendahara, karena peringatan ini mengingatkan ke para pemuda untuk tetap ikut berkontribusi untuk bangsa.

"Seperti berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia, itu yang terus-menerus yang kita gelorakan. Karena lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia ini berkat perjuangan, kita mengambil hikmahnya, dan bangsa Indonesia harus tetap bersatu," ujarnya.

Sesuai permintaan masyarakat Desa Lubuk Bendahara untuk membantu pembangunan masjid, Bupati Sukiman langsung membantu dana Rp50 juta untuk pembangunan Masjid Al Mukhlisin.

"Selain itu saya akan koordinasikan dengan Dinas Perkim untuk pembangunan balai adat di Desa Lubuk Bendahara. Sementara untuk listrik tadi sudah saya telepon Manager PLN, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terealisasi," tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013