pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Sempena HKN ke-55 Tahun 2019, Pemkab Rohul Tegaskan Komitmen Pelayanan Kesehatan
Rabu, 04 Desember 2019 - 17:15:54 WIB

Sempena HKN ke-55 Tahun 2019, Pemkab Rohul Tegaskan Komitmen Pelayanan Kesehatan

ROKAN HULU-Sempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Pemkab Rokan Hulu menegaskan komitmen meningkatkan kesehatan masyarakat. Pemkab juga mendukung dan melaksanakan Program Pemerintah di bidang kesehatan, seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

"Dengan demikian, program pemerintah membuka seluas-luasnya akses ke masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bisa direalisasikan," kata Bupati Sukiman usai menjadi inspektur Upacara Peringatan HKN ke-55 di lapangan Komplek Perkantoran Bina Praja Pasirpangaraian, Rabu (4/12/2019).

Sebelumnya, Bupati Sukiman membacakan pidato Menteri Kesehatan menyatakan, peringatan HKN tahun ini ada dua isu kesehatan utama yang menjadi arahan Presiden untuk segera diselesaikan, yaitu terkait stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.

Dikatakan, hal tersebut menjadi penting karena fokus arah pembangunan adalah membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Selain itu, ada dua isu kesehatan lain yang juga harus diatasi pemerintah, yaitu masih tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

"Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," kata bupati.

Usai upacara, Bupati Sukiman berterima kasih kepada insan kesehatan di Rohul, terutama jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh masyarakat yang telah bahu membahu berjuang, tanpa mengenal lelah dalam mensukseskan program kesehatan di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Soal stunting yang telah menjadi isu nasional, Sukiman mengungkapkan, angka stunting di daerah sudah turun, berkat komitmen pemerintah daerah dan instansi terkait melaksanakan program dan terobosan, dalam menekan angka stunting.‎

"Salah satu kunci dari pencegahan stunting di Rokan Hulu, kepada Diskes dan OPD terkait telah membuat program dan terobosan, seperti pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak dan memenuhi kebutuhan gizi dalam masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di desa-desa yang terkena stunting," ungkap Sukiman.‎ 

Di akhir acara, Bupati Sukiman menyerahkan penghargaan kepada insan kesehatan di Rohul, seperti dokter, perawat, apoteker, kades dan perusahaan yang dinilai peduli memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013