pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Sukiman Buka Seminar Wawasan dan Empat Pilar Kebangsaan
Jumat, 13 Desember 2019 - 16:52:13 WIB

Bupati Sukiman Buka Seminar Wawasan dan Empat Pilar Kebangsaan

ROKAN HULU-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar seminar sehari dan talk show serta diskusi tentang wawasan kebangsaan dan Empat Pilar Kebangsaan, Rabu (11/12/2019) di Convention Hall Islamic Centre Rohul.

Seminar dibuka Bupati Sukiman dan diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Rohul, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Sementara narasumber yang dihadirkan dari Kesbangpol Riau dan Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kapten Inf Kasmir.

Kapten Inf Kasmir menjelaskan, pengorbanan para pahlawan berjuang merebut kemerdekaan untuk dapat mendirikan Negara yang dicita-citakan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia sangatlah besar. "Sumpah Pemuda yang menjadi Kebangkitan Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan," tukasnya.

“Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa inilah yang menjadi pemicu untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.

Dikatakan, merubah NKRI berarti tidak menghargai pengorbanan jiwa pahlawan kemerdekaan, mengingkari semangat Sumpah Pemuda, mengingkari latar belakang yang mendorong terwujudnya kemerdekaan.

"Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan dari serangkaian perjuangan mengusir penjajah dari bumi nusantara, sekaligus menjadi tonggak sejarah berdirinya NKR," katanya.

Selain itu, bentuk negara Indonesia tidak bisa diubah dengan alasan apapun, karena sudah ketetapan yang pasti oleh bapak pendiri bangsa. Tugas kita untuk menjaga dan melindungi kedaulatan NKRI.

"Tentara Nasional Indonesia sebagai salah satu institusi Negara, mengajak secara bersama-sama seluruh Komponen Bangsa untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga dan menegakkan NKRI," imbaunya.

Sementara itu, Bupati Sukiman menilai, seminar wawasan kebangsaan sangat penting dilaksanakan, mengingat generasi muda sebagai agen perubahan harus bertindak sesuai norma yang tercantum dalam Pancasila, mengamalkan amanat UUD 1945 dan menebarkan rasa cinta tanah air.

"Melalui sminar ini diharapkan generasi muda memahami wawasan krbabgsaan secara luas lagi," harapnya.

Kepala Kesbangpol Musri mengatakan, seminar diikuti 350 peserta  terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan mahasiswa. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013