pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Bupati Sukiman Hadiri Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai
Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:04:20 WIB

Bupati Sukiman Hadiri Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai

ROKAN HULU-Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai beserta Gading dan Belalainya, Lembaga Kerapatan Adat Melayu Luhak Tambusai Rokan Hulu berlangsung di Balai Adat Payung Sulimang Karang Dalu-Dalu, Sabtu (29/2/2020).

Penabalan dihadiri Bupati Sukiman Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso, Ketua MKA LAM Riau Datuk Seri Drs H Al Azhar MA Datuk Rajo Tuo, Ketua DPH LAMR Rokan Hulu H Zulyadaini Datuk Saudagar Rajo, Anggota Dewan Riau Kelmi Amri, H Sariantoni, Samsurizal, Wakil Ketua DPRD Rohul Sahril Topan, Kepala Pengadilan Negri Sunoto dan undangan lainnya.

Penabalan Raja Luhak Tambusai diawali T Darmizal gelar Sultan Ahmad yang dipasangkan kain salin selempang oleh Datuk T Mansyur Mansi gelar Yang di Pertuan Jumadil Alam sekaligus Penyerahan Tongkat Tahta Kerajaan serta Terombo Siri Kebesaran Kerajaan Tambusai oleh Datuk T. Farizal Cucu Raja ke 20 Tambusai H. T. Ilyas gelar Tengku Sulung.

Usai Penabalan Raja Luhak Tambusai, dilanjutkan dengan Penobatan Uyang Ompek Dibalai diwali dengan pembacaan Ranji Adat oleh Datuk Pucuk Suku Malelo gelar Datuk Rangkayo Naro. Dmana selaku Kepala Kerapatan Adat Luhak Tambusai T. Abdurahim, SPd gelar T.Saidina Muktamil, yang mana Pemasangan Kain selempangnya oleh Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso (H. Sukiman), Datuk Bendaharo Zulman, S.Sos gelar Datuk Panduko Senaro yang kain selempang dipasangkan oleh Datuk Seri Drs. H. Al Azhar, MA gelar Datuk Rajon Tuo.

Selanjutnya, Salman Alfarizi,Sag gelar Sultan Mahmud Luhak Tambusai yang kain selempangnya dipasangkan oleh Datuk Saudagar Rajo, kemudian Herman gelar Rajo Bebeh selaku Uyang Bosar Nogori Luhak Tambusai yang kain selempangnya dipasangkan oleh Datuk Bendaharo Kepenuhan, Lukman Nur Hakim gelar Muntaro Lukman Nur Hakim Selaku Muntaro Luhak Tambusai yang kain selempangnya dipasangkan oleh Datuk H.Sofyan dari Luhak Rambah.

Pada kesempatan itu dilantik pengurus Dewan Pimpinan Harian (DPH) Luhak Tambusai oleh Ketua DPH Rokan Hulu H. Zulyadaini, sekaligus pemasangan Tanjak kepada Delapan Orang pengurus yakni M Taufik Tambusai SE gelar Panglimo Pukaso, Mufti Ali gelar Rajo Kumalo Rokan, Saukoni Adari S.kom, Zulfiandi SE, Riyomi Irsan SE, Rafi Naldi S.Sos, M. Soukoni, Safril.

Usai Penabalan dan Penobatan, Bupati Sukiman Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso menyampaikan, Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai merupakan suatu kehormatan sekaligus merupakan sebuah motivasi dan semangat dalam dharma bakti kita untuk memberikan pengabdian terbaik meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Tambusai dan Rokan Hulu umumnya.

Ditambahkan, penabalan merupakan amanah masyarakat melalui lembaga adat melayu Rokan Hulu. Maka dengan ditabalkannya Raja Luhak Tambusai ini merupakan pengakuan masyarakat dalam istilah Melayu di tuakan selangkah dan ditinggikan seranting. Untuk itu, diharapkan Raja Luhak dan juga Uyang Ompek Dibalai ini dapat menjaga masyarakat dan lingkungan dan mengatasi hal-hal yang dapat diatasi dengan musyawarah bersama.

Bupati berharap, amanah ini dapat memajukan masyarakat adat di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk, semua masyarakat akan selalu seiring sejalan memajukan Rokan Hulu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti petuah Adat Melayu yang menyatakan "Dimana ranting patah di situ air di sauk, kalau jauh mencari suku kalau dekat mencari kawan, dimana bumi dipijak disitu langit di junjung". (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU 2013