pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Gubernur Perintahkan Sekda Hadiri Pembukaan MTQ Riau
Rabu, 14 Agustus 2013 - 17:26:17 WIB

Gubernur Perintahkan Sekda Hadiri Pembukaan MTQ Riau

PASIR PENGARAYAN-Bupati Rokan Hulu, H. Achmad mengungkapkan, Gubernur Riau, HM. Rusli Zainal sudah menunjuk Sekda Provinsi Riau, H. Zaini Ismail untuk mewakilinya pada pembukaan MTQ Riau ke-32 di Pasir Pangaraian, Rabu (13/8) malam. Artinya, yang diundang pada pembukaan MTQ adalah Gubernur Riau yang kemudian memerintahkan Sekda untuk menggantikan.

Dengan demikian, tudingan sejumlah pihak yang menyatakan Bupati Rohul tidak mengundang Wakil Gubernur Riau, HR. Mambang Mit pada pembukaan MTQ Riau tidak benar. “Kita mengundang Gubernur Riau untuk menghadiri pembukaan sesuai aturan yang ada. Kalau kemudian gubenur memerintahkan Sekda untuk menggantikan, harus kita taati,” kata Achmad kepada wartawan, Rabu (13/8) siang di Pasir Pengarayan.

Diterangkan, sampai saat ini gubernur HM Rusli Zainal masih aktif dan berhak mendisposisikan atau mendelegasikan siapa pejabat yang akan hadir pada pembukaan MTQ di Rohul dan Pemkab Rohul tidak bisa mencampuri kewewenangan tersebut.

“Itu kita terima dari Sekda dan kita tidak campur tangan dalam hal itu. Jadi Pak Sekda mewakili gubernur, makanya beliau yang akan melantik dewan hakim malam ini, termasuk melepas peserta pawai ta’aruf dan memberikan sambutan pada pembukaan MTQ Riau nanti,” kata Achmad.

Dipaparkan, sebagai tuan rumah dirinya hanya melayani  tamu dan tidak bisa campur tangan terhadap soal itu, karena pemerintah memiliki sistem dan aturan. Soal tudingan tidak diundangnya Mambang Mit karena berbau politis, Achmad menegaskan, pihaknya tetap pada sistem, aturan dan protap. Jika sudah dilimpahkan kepada Sekda, maka tidak ada lagi sambutan dari Gubernur atau Wakil Gubernur.

Sementara Sekdaprov Riau, Zaini Ismail mengaku tidak tahu menahu soal tidak diundangnya Mambang Mit pada pembukaan MTQ Riau. Dirinya hanya mewakili Gubernur Riau sesuai perintah tertulis yang diterimanya, Selasa (13/8) pagi untuk melakukan pelantikan dewan hakim.

“Saya ditunjuk mewakili gubernur, karena ada undangan dan surat tertulis. Kemungkinan Mambang Mit sedang sibuk sosialisasi terkait pencalonannya di Pilgubri, makanya gubernur memerintahkan saya untuk menggantikan” kata Zaini Ismail.

Lantik 160 Dewan MTQ Riau
Sementara itu, puluhan ribu masyarakat Riau memadati rumah dinas bupati, Selasa (13/8) untuk menyaksikan rangkaian kegiatan, pawai taaruf dan pelatikan 160 orang dewan hakim, juri dan penghubungan MTQ Riau XXXII di Pasir pangaraian. Bertindak sebagai Ketua Dewan Hakim adalah Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis.

"MTQ tingkat Riau tahun akan berdampak luas terhadap peningkatan keimanan dan ketaqwaan masyarakat, itulah yang menjadi harapan kita,” kata Zaini usai melantik dewan hakim.

Sementara Bupati H. Achmad sangat berterima kasih, karena daerahnya ditunjuk sebagai tuan rumah helatan akbar tingkat Riau tahun ini. Demi suksesnya helatan tersebut, Pemkab Rohul sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Selain menyiapkan tukang pijat terlatih untuk para kafilah, Pemkab Rohul juga menyediakan sedikitnya 40 mobil untuk antar jemput anggota dewan hakim dari penginapan ke lokasi atau sebaliknya.

”Suksesnya kegiatan ini selama helatan MTQ yang berlangsung 5 hari, seluruh ketua kafilah akan mengikuti rapat evaluasi dengan panitia pada pukul 08.00 WIB, sebelum MTQ dibuka, saya meminta maaf kepada seluruh kabupaten dan kota jika ada kekurangan disana-sini, jika memang ada kekurangan, sampaikan pada panitia,” kata Achmad.

Sementara Kepala Kantor Kemeng Rohul yang juga Ketua Penitia I Tingkat Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, anggota Dewan Hakim MTQ Riau ke-32 sudah diambil sumpahnya dan diharapkan bersikap adil dalam menilai peserta lomba.

“Khusus peserta asal Rohul akan diberikan bonus Rp20 juta untuk juara I, kemudian Rp15 juta Juara II dan Rp10 juta untuk juara III dari masing-masing cabang lomba,” kata Ahmad Supardi. (adv/hms)




berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rokanhulukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2013