Bila Anda Sembelit dan Sudah BAB, Cobalah 7 Makanan Sehat Berikut

Brokoli. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) merupakan masalah yang kerap dijumpai banyak orang. Kini, Anda dapat memperlancar BAB dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat.

Studi menunjukkan, kesulitan BAB mempengaruhi 20 persen populasi, dengan hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan buang air besar. Sulit buang air besar disebabkan beberapa pemicu seperti penurunan pergerakan makanan, diet rendah serat, penuaan dan kurang aktivitas fisik.

Sejumlah makanan sehat yang umumnya kaya akan serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Berikut 7 makanan sehat yang memperlancar buang air besar.

Apel
Apel adalah sumber serat yang yang baik sehingga dapat membantu usus mencerna makanan dan membentuk tinja dengan cepat. Apel juga mengandung serat larut pektin yang memiliki efek pencahar.

Studi menunjukkan apel dapat mempercepat waktu transit makanan di usus besar, mengurangi gejala sembelit, dan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

Pir
Buah pir juga meringankan sembelit karena kaya akan serat. Selai itu, pir juga mengandung sorbitol yang bersifat osmotik sehingga dapat menarik air ke dalam usus dan merangsang pergerakan. Kandungan fruktosa dalam pir juga bersifat sebagai pencahar alami sehingga memudahkan laju feses keluar dari tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *