Ingin Turunkan Berat Badan? Cobalah 6 Makanan Kaya Protein Ini

Ilustrasi telur orak-arik. (Foto: iStockphoto/DianaLundin)

PEKANBARU-Menurunkan berat badan bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi makan makanan yang tepat bisa membuatnya lebih bisa dicapai. Ahli diet Jenn Fillenworth menjelaskan, mendapatkan makanan berprotein tinggi dalam diet Anda dapat memainkan peran kunci dalam setiap perjalanan penurunan berat badan.

“Makanan berprotein tinggi sangat bagus untuk pemulihan dari olahraga dan juga membantu membuat Anda kenyang lebih lama karena protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat,” katanya.

“Inilah sebabnya mengapa semangkuk sereal di pagi hari membuatmu berburu camilan sebelum makan siang, sementara sarapan telur sarapan membuatmu kenyang lebih lama,” katanya.

Berikut sejumlah makanan berprotein tinggi yang direkomendasikan ahli diet untuk menurunkan berat badan sebagaimana dilansir Insider.

Selai kacang
Selai kacang rendah karbohidrat, dan bisa menjadi sumber protein dan lemak “sehat” yang hebat.

“Makanan berprotein tinggi favorit saya untuk menurunkan berat badan adalah selai kacang,” kata ahli gizi dan diet Rebecca Stib kepada Insider.

Per porsi (biasanya 2 sendok makan), Anda akan mendapatkan sekitar 8 gram protein.

Telur
Menurut Fillenworth, telur adalah makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Telur penuh dengan vitamin dan mineral, di mana satu telur mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino esensial.

Salmon
Meskipun salmon adalah ikan berlemak, Fillenworth menjelaskan bahwa makan jenis lemak yang tepat tidak selalu berarti Anda akan menambah berat badan.

Ikan mengandung asam lemak omega-3 esensial, yang harus Anda dapatkan dari makanan Anda karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya.

Dada ayam
Ahli diet Sabrina Russo mengatakan saat mencari makanan berprotein tinggi terbaik untuk menurunkan berat badan, pikirkan bahan-bahan rendah kalori dan berkualitas tinggi.

Dia mengatakan hal pertama yang muncul dalam pikirannya adalah daging tanpa lemak, unggas, dan ikan, termasuk dada ayam. Menurutnya, ini semua adalah sumber protein lengkap dengan sedikit karbohidrat dan lemak.

Susu rendah lemak
Russo mengatakan produk susu rendah lemak juga merupakan contoh makanan berprotein tinggi yang mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Udang
Sementara ahli diet Summer Yule mengatakan bahwa udang adalah protein dengan kalori yang sangat rendah. “Ini juga merupakan sumber yodium yang sangat baik, yang kita butuhkan untuk mendukung kesehatan tiroid kita dan mengatur metabolisme kita,” tambahnya. (*)


Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *