News  

Meski Sebaran Covid-19 di Riau Belum Terkendali, Angka Kesembuhan Tinggi

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Penyebaran Covid-19 di Riau memang masih belum terkendali. Sebab angka kematian masih cukup tinggi, begitu juga dengan kasus harian di kabupaten dan kota juga masih di atas 100 kasus.

Juru bicara Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Riau, dr Indra Yovi mengatakan, angka kematian di Bumi Lancang Kuning karena Covid-19 masih 2,38 persen.

“Sementara penyebaran bisa dibilang stabil per hari meskipun tinggi, ini menjadi perhatian dan menjadi tanda kalau Covid-19 di Riau belum terkendali,” kata Indra di Pekanbaru.

Dikatakan, angka perawatan pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan hingga akhir Januari berkisar antara 1.600 sampai 1.800. Beruntung, angka itu sejalan dengan tingkat kesembuhan pasien. “Kesembuhan di Riau itu berada di angka 90 persen, terbilang tinggi,” ucapnya.

Ruang Perawatan Masih Banyak
Pegawai RSUD Arifin Ahmad ini menambahkan, banyaknya jumlah pasien dirawat masih berbanding lurus dengan ketersediaan kamar di rumah sakit rujukan.

Menurutnya, tingkat keterisian kamar rumah sakit di Riau adalah 41 persen. Artinya, masih ada 50 persen lebih lagi ruang perawatan kosong karena isolasi bagi orang tanpa gejala sudah ada gedung khusus. “Jadi kondisinya masih aman, tidak seperti di daerah Jawa,” ucap Indra.

Kondisi-kondisi tersebut, melihat penambahan pasien per hari hingga angka kesembuhan, menurut Indra perlu dikoordinasikan Satgas Provinsi Riau dengan Satgas di kabupaten.

Khususnya untuk pembelajaran tatap muka tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah ke atas. Kata Indra, keputusan pembelajaran secara offline perlu diambil bersama untuk menjaga kesehatan peserta didik. “Ini tidak bisa langsung diputuskan, lihat kondisi di lapangan,” ucap Indra. (*)


Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *