MTQ Tingkat Kelurahan Sukamaju, Yose: Benteng Generasi Muda Perbaiki Akhlak

Foto bersama usai pembukaan MTQ tingkat kelurahan. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Meski sempat tertunda, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, Kamis (4/3/2021) digelar di Masjid Al Mukminin, Gobah. Sebanyak 31 perserta dari 6 masjid dan 2 mushala yang ada di Kelurahan Sukamaju ikut ambil bagian dalam giat yang sudah diprogram setiap tahunnya itu.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Riau Yose Rizal Zein, mantan Bupati Siak H Arwin AS, Camat Sail Fahrudin Pangabean, Lurah Sukamaju M Ichfan, Ketua LPM Sukamaju, dan tokoh masyarakat sekitar lainnya.

Ketua Panitia Pelakasana MTQ Tingkat Kelurahan Sukamaju, Afriansyah mengucapkan terimakasih kepada pemerintah keluarahan dan kecamatan yang telah memberi kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan MTQ tingkat Kelurahan dan Kecamatan Sail di Masjid Al Mukminin.

“Alhamdulillah, hari ini giat tahunan itu terlaksana dengan baik. Dari masjid dan mushala yang ada di keluarahan ini, sebanyak 31 peserta ikut ambil bagian. Dalam kegiatan ini kita hanya melombakan satu cabang, tilawah. Jika dalam persiapan dan pelaksanaannya ada kekurangan, kami selaku panitia mohon maaf. Semoga untuk masa-masa kedepan akan lebih baik lagi,” ucap pria yang akrab disapa Yayan ini.

Dikatakan, mestinya pelaksanaan MTQ ini sudah digelar pada bulan lalu. Namun karena ada masalah tehknis terkait persiapan, maka baru bisa dilaksanakan pada Kamis pagi (4/3/2021).

“Ada beberapa kendala yang menyebabkan kegiatan ini menjadi molor. Tapi alhamdulillah, hari ini semua sudah tuntas kita laksanakan. Dan saat ini kita mempersiapkan untuk helat tingkat kecamatan. Mudah-mudahan pelaksanaannya nanti jauh lebih baik dari sekarang,” ujar Ketua LAMR Kecamatan Sail ini.

Camat Sail, Fahrudin Pangabean yang membuka secara pelaksanaan MTQ mengapresiasi kesiapan panitia yang dinilai sangat baik.
MTQ ini memang sudah menjadi agenda tahunan diberbagai tingkatan sebagai upaya persiapan untuk menyongsong perhelatan pada jenjang yang lebih tinggi.

Karenanya, diharapkan semua peserta benar-benar menunjukkan kemampuannya agar bisa lanjut ke tingkat kecamatan.

“Hasil dari MTQ tingkat Kelurahan ini akan diikutkan pada MTQ tingkat Kecamatan Sail yang akan dilaksanakan pada Sabtu (6/3/2021) mendatang,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal Zen mengatakan, saat ini kenakalan remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Makanya dengan adanya lomba baca al qur’an ini diharapkan bisa membentengi kawula muda dari kegiatan-kegiatan yang negatif.

Yose sangat berharap, MTQ bisa menekan angka kenakalan ditingkat remaja. Setidaknya, dengan ‘membuminya’ al qur’an lewat Maghrib mengaji, tadarus di Masjid, bisa menjadi filter bagi kebaikan akhlak generasi muda kedepan.

Lurah Sukamaju, Muhammad Ichfan mengapresiasi antusias masyarakat dalam upaya menyukseskan kegiatan tersebut.

“Harapan saya, qori dan qoriah kelurahan sukamaju bisa berkiprah di tingkat kecamatan nantinya,” tukasnya. (*)

Penulis: M Yasier

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *