Tanah Kuburan Tua Mendadak Naik 1,5 Meter, Warga Padang Pariaman Sumbar Heboh

oleh -33 views
Kondisi tanah kuburan bertambah tinggi. (Foto: Instagram, @ndorobeii)

PARIAMAN-Warga Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan kejadian tiga kuburan tua tetiba meninggi dalam waktu seminggu. Kuburan tersebut berada di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

Posisi makam tersebut tiba-tiba meninggi dan tidak ditumbuhi rumput. Peristiwa itu langsung viral di media sosial, bahkan banyak orang yang mendatangi lokasi tersebut.

“Kejadiannya sekitar 5 hari lalu diketahui warga. Namun, viralnya baru sekitar 3 hari belakangan akibat ada yang memvideokan,” kata Anwar, Wali Korong Sungai Asam, Sabtu (27/3/2021).

Awalnya, tahun lalu tanah di tiga kuburan tersebut telah sempat mengalami perubahan. Hanya saja, tinggi tanah tidak seperti sekarang. Makam tersebut merupakam Pandam Pekuburan Panyalai Datuk Rangkayo Gadang. “Jadi kuburan ini sudah lama berpuluh tahun yang lalu. Jadi, sebelumnya tidak ada kuburan yang setinggi itu kuburannya di sana,” ujarnya.

Anwar menyebut, satu tahun yang lalu ada kuburan yang cukup tinggi tanahnya, tapi tingginya sekitar lutut orang dewasa.

Namun saat ada warga yang pergi ke pusara untuk berziarah dan membersihkan makam keluarga, mereka melihat adanya makam yang tanahnya meninggi. “Hal itu membuat warga itu terkejut. Dahulu memang ada yang tinggi juga, tapi tidak setinggi itu,” katanya.

Ditambahkan, tanah kuburan itu kini menjadi tinggi. Tanahnya naik sekitar satu meter. “Selanjutnya diviralkan orang-orang. Saat ini tinggi kuburan itu sekitar 1.5 meter dan lebarnya 3.5 meter. Sedangkan, kuburan normal hanya sekitar 40-50 cm,” sambungnya.

Uniknya, gundukan kuburan itu tidak pecah atau berlubang. Tampak kuburan berada di lahan kosong dengan latar tanaman bambu. Tak hanya itu, kuburan itu kini juga dikelilingi tali rapia biru. Selain itu, kuburan tersebut terlihat tidak berumput. Sedangkan kuburan lainnya ditumbuhi rumput.

Saat ini, pemuda setempat sudah memasang tali sebagai pagar sementara di sekitar area kuburan untuk menghindari terjadinya perusakan. “Sampai saat ini masih ramai orang melihat sampai malam, pagi siap subuh juga sudah ada yang datang. Ini fenomena alam dan kejadian aneh,” sambungnya.

Meski begitu, hingga saat ini, Anwar belum tahu milik siapa kuburan itu. “Bahkan sampai sekarang kami tidak tau kuburan siapa, karena di batu nisan tidak ada namanya,” ujar Anwar.

Namun video yang menampilkan meningginya tanah kuburan itu menjadi viral di media sosial. Video kuburan tiba-tiba meninggi itu sempat dibagikan ulang oleh akun Instagram, @ndorobeii. (*)


Sumber: TribunPadang

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *