Bandara Internasional Minangkabau Sumbar Senin Besok Terapkan Tes Genose C19, Begini Prosedurnya

Seorang pria memperagakan alat GeNose C19 buatan UGM di Kementerian PMK, Jakarta, Kamis (7/1/2021). (Foto: Merdeka.com)

PADANG PARIAMAN-Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat (Sumbar) mulai membuka layanan tes GeNose C19 bagi calon penumpang pesawat, Senin (3/5/2021) mendatang.

Humas BIM Fendrick Sondra mengatakan, untuk sementara layanan ini hanya bisa dimanfaatkan calon penumpang pesawat. Layanan GeNose C19 di BIM beroperasi setiap hari mulai pukul pukul 06.00 – 11.00 WIB. Pihaknya menyiapkan 300 kantong sampel pemeriksaan per hari.

Hasil GeNose dapat diketahui 10 sampai 15 menit. Biaya yang mesti dikeluarkan untuk mendapatkan layanan ini yakni Rp40.000. Bagi calon penumpang yang ingin menggunakan layanan [tes Covid-19](GeNose C19 “”) di BIM harus menyiapkan sejumlah syarat seperti tiket pesawat dan kartu identitas.

Tak Boleh Merokok dan Makan Petai
Sementara itu, calon penumpang yang akan melakukan tes GeNose harus puasa minimal setengah jam sebelum tes dilakukan. Persyaratan lainnya, calon penumpang tidak boleh merokok 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19.

Kemudian juga jangan mengonsumsi makanan yang beraroma kuat seperti jengkol, petai, kopi, hingga teh. Selanjutnya, penumpang yang akan melaksanakan GeNose C19 sebaiknya tidak memakai wangi-wangian, parfum, dan minyak telon sebelum pemeriksaan. “Sebab hal-hal yang berbau akan mempengaruhi hasil tes,” ulasnya.

Calon penumpang yang akan menggunakan layanan tes GeNose C19, diimbau untuk tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan. (*)


Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *